Liga Italia

On This Day: Lahirnya Pemimpin Sekaligus Tembok Kokoh Pertahanan Juventus

Rabu, 14 Agustus 2019 15:13 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Tullio M. Puglia / Getty Images
Andrea Barzagli (kiri) dan Giorgio Chiellini merayakan kemenangan juara Serie A Italia musim 2018-19. Tullio M. Puglia / Getty Images Copyright: © Tullio M. Puglia / Getty Images
Andrea Barzagli (kiri) dan Giorgio Chiellini merayakan kemenangan juara Serie A Italia musim 2018-19. Tullio M. Puglia / Getty Images

INDOSPORT.COM – Tanggal 14 Agustus merupakan kelahiran sosok pemimpin sekaligus tembok kokoh pertahanan Juventus, yakni Giorgio Chiellini. Tepat pada hari ini, usia Chiellini bertambah menjadi 35 tahun.

Kapten Juventus sejak beberapa musim lalu tersebut lahir di Pisa, Italia, pada 14 Agustus 1984 silam. Pemain yang sempat berseragam Fiorentina tersebut dilahirkan oleh pasangan Fabio Chiellini dan Lucia Chiellini.  

Ketika usianya menyentuh 6 tahun, Chiellini masuk dalam akademi muda Livorno (1990-2000). Setelah 10 tahun mengemban ilmu di akademi Livorno, ia akhirnya dipromosikan ke tim senior.

Dirinya sempat mencicipi bermain bersama Fiorentina sebelum akhirnya direkrut secara permanen oleh Juventus pada 2005 silam. Menurut laporan situs Transfermarkt, Chiellini direkrut dengan mahar 7,7 juta euro (Rp122 miliar).

Dengan biaya yang terbilang cukup murah itu nyatanya Chiellini menjelma sebagai salah satu tembok pertahanan kokoh yang pernah dimiliki Juventus.

Berkat kehebatan dan jiwa kepemimpinannya, Chiellini sudah banyak membantu Juventus mendominasi kompetisi Serie A Italia. Ia telah mengoleksi 8 trofi kasta teratas Liga Italia sejak musim 2011/12 sampai 2018/19.

Mauro Icardi dan Giorgio Chiellini. Copyright: Twitter@JuventusfcMauro Icardi dan Giorgio Chiellini saat bersaing di Serie A Italia.

Chiellini sendiri dipercaya mengenakan ban kapten di lengannya sejak Gianluigi Buffon meninggalkan Juventus ke Paris Saint Germain pada bursa transfer musim panas 2018/19 lalu. 

Tak hanya sebagai tembok kokoh di lini pertahanan Si Nyonya Tua, Chiellini juga merupakan sebuah lambang catenaccio yang dimiliki oleh Timnas Italia. Bersama dengan Leonardo Bonucci, ia masuk dalam salah satu duet bek terbaik di dunia.

Saat ini, Chiellini masih menjadi bagian penting di kubu Juventus dan Timnas Italia. Ia masih menjalin kontrak bersama Juventus sampai 2020 mendatang.

Sedangkan di Timnas Italia, ia masih dipercaya untuk mengisi lini pertahanan meski sudah banyak perubahan generasi di tubuh Gli Azzurri. Terakhir, ia membantu Italia menang 2-1 atas Bosnia-Herzegovina.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%