Liga Indonesia

Berlangsung Menyenangkan, Diskusi Bersama PT LIB Buka Wawasan Baru Jurnalis di Malang

Kamis, 15 Agustus 2019 18:36 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Jurnalis sport Malang foto bersama perwakilan media LIB (Liga Indonesia Baru). Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Jurnalis sport Malang foto bersama perwakilan media LIB (Liga Indonesia Baru).

INDOSPORT.COM - Para jurnalis di Malang Raya mendapatkan wawasan baru pasca mengikuti forum diskusi yang digelar oleh Arema FC bersama tim media PT Liga Indonesia Baru di Kandang Singa, Rabu (14/08/19) malam.

Acara diskusi itu pun berlangsung serius namun gayeng alias menyenangkan. Serius ketika para jurnalis melihat paparan sejumlah angka fantastis pada beberapa fakta pemberitaan sepak bola nasional, dan gayeng dengan diselingi candaan ringan.

"Mungkin ini menjadi wawasan baru bagi teman-teman jurnalis di Malang. Mungkin belum pernah melihat fakta ini," ujar Media dan Public Relationship PT LIB, Hanif Marjuni sambil mengarahkan pandangannya ke layar lebar saat presentasi.

Salah satu contoh dari fakta mengejutkan itu adalah keberadaan Arema FC di tiga besar klub tanah air dalam jumlah followers terbanyak di media sosial, naik itu di Facebook, Twitter maupun Instagram.

Posisi teratas diduduki Persib Bandung dengan memiliki lebih dari 15 juta followers, diikuti Persija Jakarta (5 juta), Arema FC (2 juta) serta Sriwijaya FC dan Bali United (di kisaran 1 juta followers.

"Fakta ini nantinya bisa menjadi rujukan berita bagi teman-teman media. Riset ini sudah terukur dengan melibatkan tim kami selama satu tahun kemarin," sambung dia.

Beberapa fakta lain juga dipaparkan secara gamblang oleh tim Media LIB tersebut. Diantaranya adalah segmen usia pembaca berita sepak bola nasional, peringkat tim Liga 1 dengan interaksi terbanyak hingga statistik khusus bagi Arema FC selama Liga 1 2019 bergulir.