Liga Indonesia

Ketika Kiper Keturunan Indonesia Rasakan Hebatnya Rekrutan Anyar Persib, Nick Kuipers

Jumat, 16 Agustus 2019 14:33 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Soccrates/Getty Images/Angelo Blankespoor/Soccrates/Getty Images
Pemain Anyar Persib, Nick Kuipers dan calon kiper naturalisasi indonesia, benjamin van leer. Copyright: © Soccrates/Getty Images/Angelo Blankespoor/Soccrates/Getty Images
Pemain Anyar Persib, Nick Kuipers dan calon kiper naturalisasi indonesia, benjamin van leer.

INDOSPORT.COM – Klub ternama sepak bola Indonesia, Persib Bandung baru saja mendatangkan pemain asing baru pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2019. Salah satu legiun asing yang diperkenalkan itu adalah Nick Kuipers.

Permain berkebangsaan Belanda tersebut didatangkan bersamaan dengan pemain asing anyar lainnya, yakni Kevin van Kippersluis dan Omid Nazari. Kabar itu dibenarkan langsung oleh para petinggi Persib pada kamis (15/08/19) kemarin.

Nick Kuipers sendiri nantinya bakal mengisi posisi krusial di lini tengah pertahanan Persib, menggantikan Bojan Malisic. Bek asal Serbia tersebut dipastikan akan dicoret oleh pelatih Robert Rene Alberts pada pertengahan Liga 1 2019 ini.

Sekedar informasi, selain Bojan Malisic, Maung Bandung juga melepas Artur Gevorkyan dan Rene Mihelic pada bursa transfer pertengahan musim ini. Hal itu tak terlepas dari kurang maksimalnya penampilan para pemain asing Persib tersebut.

Nick Kuipers dianggap bakal menjadikan lini pertahanan Persib menjadi lebih solid dari sebelumnya. Dengan segudang pengalamannya di Liga Belanda (Eredivisie), tentunya manajemen Persib sangat menaruh ekspektasi yang sangat tinggi kepada Nick Kuipers.

Namun sebelum resmi bergabung Persib, Nick Kuipers nyatanya pernah berhadapan langsung dengan kiper keturunan Indonesia yang berkarier di Liga Belanda, yakni Benjamin van Leer.

© Socrates Images/Getty Images
Kiper keturunan Indonesia, Benjamin van Leer saat memperkuat klub Belanda NAC Breda. Copyright: Socrates Images/Getty ImagesKiper keturunan Indonesia, Benjamin van Leer saat memperkuat klub Belanda NAC Breda.

Menurut laporan Transfermarkt, Nick Kuipers dan Benjamin van Leer pernah berhadapan sebanyak tiga kali di beberapa kasta berbeda Liga Belanda. Hasilnya, Nick Kuiper gagal menorehkan kemenangan satupun saat berhadapan dengan klub Benjamin van Leer.

Pertemuan pertamanya terjadi ketika Nick Kuipers masih menjadi bagian dari tim MVV Maastricht. Saat itu mereka menjamu Roda JC pada 25 Mei 2017 di ajang Play-off promosi/degradasi Keuken Kampioen Divisie 2016/17.

MVV Maastricht dan Roda JC hanya mampu bermain imbang 0-0 di leg pertama. Sedangkan di pertemuan kedua, MVV Maastricht dipaksa menyerah dengan skor tipis 0-1.

Dalam dua pertemuan tersebut, Nick Kuipers dan Benjamin van Leer sama-sama dipercaya bermain sejak awal pertandingan. Bahkan Nick Kuipers dipercaya sebagai kapten tim. Sayangnya, di leg kedua dirinya mendapatkan kartu merah pada menit ke-59.

Terakhir, keduanya dipertemukan kembali di Liga Belanda (Eredivisie) musim 2018/19 lalu. Itu terjadi ketika laga NAC Breda vs FC Emmen dimainkan pada 12 April 2019 lalu. Keduanya bermain imbang 1-1.

Meski dalam tiga kali pertemuannya Nick Kuipers tak mencetak gol, namun Benjamin van Leer tentunya bisa merasakan peran penting yang dihadirkan oleh pemain anyar Persib tersebut. Karena pertahanan Nikc Kuipers sulit dihancurkan hingga timnya tak pernah kebobolan lebih dari satu gol.