Bola Internasional

Antara Mourinho dan Guardiola, Siapakah Pelatih Terbaik Menurut Arjen Robben?

Selasa, 20 Agustus 2019 20:42 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Arum Kusuma Dewi
© GettyImages
Winger fenomenal asal Belanda, Arjen Robben, memberitahukan kepada khalayak ramai siapa pelatih terbaik diantara Jose Mourinho dan Pep Guardiola. Copyright: © GettyImages
Winger fenomenal asal Belanda, Arjen Robben, memberitahukan kepada khalayak ramai siapa pelatih terbaik diantara Jose Mourinho dan Pep Guardiola.

INDOSPORT.COM - Baik antara Jose Mourinho dan Pep Guardiola dinilai sebagai pelatih tersukses di era sepak bola modern. Nama keduanya kerap dipertarungkan karena raihan dan prestasinya. Hal serupa dilakukan oleh salah satu winger fenomenal asal Belanda, Arjen Robben.

Robben yang pernah bekerja sama dengan keduanya baik di Chelsea maupun Bayern Munchen, punya penilaian siapakah yang terbaik di antara keduanya. Menurut pria berusia 35 tahun tersebut, sosok Guardiola merupakan pelatih terbaik yang pernah ia kenal.

"Tentu saja itu (menentukan yang tebaik) sulit. Saya telah melewati banyak hal indah selama berkarier dan meraih kesuksesan. Namun, jika Anda tanya siapa yang terbaik, saya akan menjawab Guardiola. Saya menikmati karier saya bersamanya," ujar Robben.

Meski pernah bekerja sama dengan Jose Mourinho di Chelsea dan meraih kesuksesan di London Barat, namun masa-masa bersama Pep Guardiola di Bayern Munchen-lah yang berkesan bagi karier Arjen Robben.

Meski sama-sama meraih lima gelar bersama kedua pelatih ternama tersebut, namun Robben menilai siapa yang terbaik dari segi permainan. Seperti diketahui, Guardiola akrab dengan pola permainan menyerang dan berbanding terbalik dengan pola serangan balik yang digagas Mourinho.

Arjen Robben kini telah memutuskan gantung sepatu setelah menghabiskan kariernya selama 10 musim bersama Bayern Munchen. Tercatat, ia telah tampil sebanyak 602 laga sepanjang karirnya dan melesakkan 209 gol dan 158 assist selama berkarier di level tertinggi.