In-depth

Profil Singkat Kosuke Yamazaki, Pemain Baru Barito Putera yang Hancurkan Bali United di Asia

Kamis, 22 Agustus 2019 09:54 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Persela Football
Kosuke Yamazaki pemain anyar Barito Putera di sisa Liga 1 2019. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Persela Football
Kosuke Yamazaki pemain anyar Barito Putera di sisa Liga 1 2019.

INDOSPORT.COMBarito Putera baru saja mendatangkan pemain asing Asia baru pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2019. Kosuke Yamazaki Uchida menjadi pemain yang akan mengisi slot asing Asia Bari Putera di sisa musim ini.

Kabar resminya Kosuke Yamazaki ini diumumkan langsung melalui akun Instagram Barito Putera pada Rabu (21/08/19) malam kemarin. Nantinya, Kosuke Yamazaki itu akan diperkenalkan secara langsung saat Barito Putera berhadapan dengan Persipura Jayapura, Jumat (23/08/19).

Kosuke Yamazaki sendiri bakal menggantikan posisi Yoo Jae Hoon di slot pemain asing Asia Barito Putera. Kiper asal Korea Selatan itu dikabarkan hengkang setelah tak mendapatkan tempat utama di bawah mistar.

Berposisi sebagai gelandang serang, Kosuke Yamazaki tentu diharapkan dapat memberikan suplai bola yang maksimal kepada penyerang utama Barito Putera, baik itu Samsul Arif ataupun Rafael Silva.

Kedatangan Kosuke Yamazaki sendiri merupakan rekomendasi dari pelatih atau carateker sebelum Barito Putera memperkenalkan Djadjang Nurdjaman, yakni Yunan Helmi.

“Kosuke sebenarnya merupakan permintaan dari coach Yunan. Dia tipe pekerja keras. Pertimbangan itulah yang membuat kita merekrut Kosuke,” ujar CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, dikutip dari laman resmi klub.

Profil Singkat Kosuke Yamazaki

© Yangon United
Kosuke Yamazaki (no 20) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya saat di Yangon United. Copyright: Yangon UnitedKosuke Yamazaki (no 20) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya saat di Yangon United.

Kosuke Yamazaki memulai karier sepak bola juniornya bersama Ritsumeikan University pada periode 2006-2009. Setelah itu dirinya pun menjalin kontrak professional bersama dengan klub Jepang, yakni Oita Trinita.

Klub Jepang terakhir yang dibela oleh Kosuke Yamazaki sendiri adalah FC Ryukyu, sebelum akhirnya memutuskan berkarier di Eropa bersama tim asal Montenegro, yakni OFK Grbalj.

Di pentas Eropa, dirinya berhasil melakukan pencapaian fantastis bersama klub keduanya di Montenegro, yakni FK Bokelj. Karena pada musim 2012/13 lalu, dirinya mampu membantu FK Bokelj menjadi runner-up di kasta kedua Liga Montenegro.

Setelah meninggalkan Montenegro, Kosuke Yamazaki pun juga pernah mencicipi atmosfer sepak bola Austria. Satu-satunya klub Austria yang pernah ia bela adalah Deutschalndsberger SC (tahun 2013).

Sayangnya, ia tak mendapatkan perpanjangan kontrak, dan akhirnya memilih berkarier di Asia Tenggara bersama klub Laos, yakni Lanexang United. Dengan pengalamannya bermain di Asia Tenggara pun membuat dirinya dilirk oleh klub Liga 1 pada 2017 lalu, yakni Persela Lamongan.

Bersama Persela, gelandang berusia 31 tahun tersebut mampu mencatatkan 2 gol dan 1 assist dari 22 pertandingan di kompetisi Liga 1 2017.

Setelah dilepas Persela, Kosuke Yamazaki menjalin kerja sama dengan Yangon United pada 2018 lalu. Bersama klub Myanmar inilah dirinya sempat menghancurkan Bali United di kancahAsia, yakni AFC Cup 2018.

Dalam dua pertemuan di babak penyisihan grup AFC Cup 2018, Kosuke Yamazaki dan Yangon United berhasil menghancurkan mimpi Bali United untuk melaju ke babak gugur.

Pada pertemuan pertama, Yangon berhasil menumbangkan Bali United 3-2, setelah tertinggal dua gol lebih dulu. Sedangkan di laga kedua, mereka kembali menang dengan skor cukup meyakinkan 3-1. Sekedar informasi, dalam dua laga itu Kosuke selalu bermain penuh.

Dengan pengalaman itu, tentunya Kosuke Yamazaki juga bisa membantu Bario Putera mengalahkan Bali United. Seperti yang diketahui, Bali United saat ini menjadi kandidat terkuat dengan menduduki puncak klasemen sementara Liga 1 2019. 

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%