Bola Internasional

FIFA Akhirnya Izinkan Irak Gelar Pertandingan Sepak Bola

Sabtu, 24 Agustus 2019 20:25 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© GRM Dailly
Piala Dunia 2022. Copyright: © GRM Dailly
Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - FIFA akhirnya memperbolehkan Irak untuk menggelar pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di negaranya. Basra Sports City menjadi area yang dipilih untuk menjadi kandang Timnas Irak.

Sebelumnya, Irak tidak diizinkan untuk mengelar pertandingan kualifikasi di negaranya oleh FIFA dengan alasan keamanan karena tidak kondusifnya negara tersebut. Alhasil, timnas Irak pun harus menjadi tim musafir pada gelaran kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Perlu diketahui bahwa keputusan Dewan FIFA 16 Maret 2018 mengonfirmasi bahwa pertandingan resmi FIFA tidak dapat diadakan di Irak kecuali penilaian risiko oleh FIFA mengizinkan hal ini untuk sementara waktu secara eksplisit. Ini bukan masalahnya saat ini," penggal surat FIFA dilansir Fox Sports.

Akan tetapi, pada hari Selasa (20/08/19) lalu, FIFA akhirnya memberikan izin untuk Irak menggelar pertandingan kualifikasi. Akan tetapi dengan satu syarat, bila suasana kembali tidak kondusif, maka izin tersebut bisa dicabut kapan saja.

"Dengan senang hati saya memberi tahu Anda bahwa setelah evaluasi penilaian, Basra dapat dinominasikan sebagai tuan rumah untuk pertandingan kualifikasi resmi untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022 - sampai pemberitahuan lebih lanjut dan dapat dicabut kapan saja jika situasi keamanan memburuk."

Irak sendiri tergabung dalam Grup C kualifikasi Piala Dunia 2022 bersama Bahrain, Kamboja, Hong Kong dan Iran. Irak sendiri akan menjadi tuan rumah untuk pertama kali saat berhadapan dengan Hong Kong bulan Oktober nanti.