Liga Inggris

Thierry Henry, Pemain Terbaik Liga Inggris Sepanjang Masa?

Sabtu, 24 Agustus 2019 19:19 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Eks penyerang Arsenal, Thierry Henry, merupakan salah satu ikon ternama di sepak bola Inggris. Copyright: © Getty Images
Eks penyerang Arsenal, Thierry Henry, merupakan salah satu ikon ternama di sepak bola Inggris.

INDOSPORT.COM - Eks penyerang Arsenal, Thierry Henry, dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Inggris sepanjang masa versi kanal The Independent.

Mantan penyerang Timnas Prancis ini bahkan mengungguli nama-nama besar di sepak bola seperti Cristiano Ronaldo, Frank Lampard, Steven Gerrard, dan Ryan Giggs. Mengapa demikian?

Secara perolehan gelar, nama Thierry Henry memang kalah mentereng dibandingkan Ryan Giggs. Namun sejumlah fans Liga Inggris menilai bahwa pria berusia 42 tahun tersebut mampu merevolusi kompetisi sepak bola di tanah Ratu Elizabeth tersebut.

Pasalnya, mantan pemain Barcelona ini mampu beroperasi sebagai striker, playmaker, maupun winger bagi Arsenal. Ia mampu menjadi bagian dari revolusi The Gunners di bawah asuhan Arsene Wenger dan membantu tim Meriam London meraih titel Liga Inggris tanpa mengalami kekalahan pada musim 2003/04.

Selain itu, catatan Thierry Henry juga terbilang apik. Dalam 258 penampilan, ia mampu menorehkan 175 gol dan 74 assist di Liga Inggris. Ini adalah catatan fenomenal untuk pemain yang mampu beroperasi di segala lini serang Arsenal.

Kini Henry pun menikmati masa pensiunnya dan memilih menjadi pelatih. Namun, karier kepelatihannya tak semulus perjalanannya sebagai pemain. Terakhir, ia dipecat oleh AS Monaco meski baru menjabat sebagai juru taktik selama tiga bulan.