Bola Internasional

Demi Tampil di Piala Dunia 2022, China Naturalisasi 9 Pemain

Minggu, 25 Agustus 2019 16:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© GettyImages
Wu Lei pesepak bola Timnas China Copyright: © GettyImages
Wu Lei pesepak bola Timnas China

INDOSPORT.COM – Demi mengejar impian untuk tampil di Piala Dunia Qatar 2022, Timnas China bisa saja menggunakan seluruh jasa pemain asing yang berpindah kewarganegaraan alias naturalisasi.

Ya, Persatuan Sepak Bola China (CFA) melalui presiden barunya, Chen Xuyuan menyatakan saat ini tengah menaturalisasi sembilan pemain, dan masih ada beberapa pemain lainnya yang akan menyusul untuk mendapatkan status sebagai warga negara China.

Hal tersebut dilakukan untuk mengejar tujuan jangka pendek, yakni tampil di Piala Dunia 2022.

“Kami mau ke Qatar (Piala Dunia 2022),” sebut Chen Xuyuan seperti dilansir dari AFP, yang mengutip laman berita Xinhua.

“Pemain naturalisasi sangat berguna untuk membantu tujuan jangka pendek Timnas. Sejauh ini, telah terdaftar sembilan pemain naturalisasi dengan atau tanpa CFA China, beberapa pemain lainnya sedang dalam proses mendaftar sebagai pemain naturalisasi.”

“Tapi ini bukan kebijakan CFA jangka panjang, dan jumlahnya akan dibatasi,” tambah Chen Xuyuan lagi.

Beberapa pemain naturalisasi yang diproyeksikan untuk berseragam Timnas China merupakan pemain asal Brasil, salah satunya juga Tyias Browning yang merupakan pesepakbola asal Inggris.

Namun kebijakan ini menuai pro dan kontra dari masyarakat China. Banyak yang setuju karena tujuan utamanya tentu ingin berlaga di Piala Dunia, namun ada pula yang kontra karena CFA dinilai tidak mampu mencari potensi 11 pemain sepak bola dari total 1,4 miliar penduduk China saat ini.

Selain ambisi untuk tampil di Piala Dunia Qatar 2022, China juga mengejar kemenangan dalam bidding untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia edisi selanjutnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
60%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
20%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%