Liga Italia

Gara-gara Inter Milan, Serie A Italia Pecahkan Rekor 1 Dekade

Rabu, 28 Agustus 2019 13:46 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Tak hanya diwarnai pertandingan-pertandingan seru, laga pekan pembuka kompetisi sepak bola Serie A Italia 2019/20 juga mencatatkan rekor baru terkait jumlah penonton.

Dilansi dari kanal berita sepak bola internasional Sport Mediaset, laga pekan perdana Serie A 2019/20 mencatatkan rata-rata jumlah penonton 26.140. Angka tersebut merupakan rataan jumlah penonton tertinggi sejak kompetisi kasta teratas Liga Italia menggunakan format 20 tim sejak musim 2004/05 lalu.

Terakhir kali rataan jumlah penonton mendekati 26 ribu tercipta pada musim 2009/10 atau satu dekade yang lalu. Namun rekor lebih dari 26 ribu penonton baru tercipta pada musim ini.

Laga antara tuan rumah Inter Milan menjamu Lecce menyumbang penonton terbanyak pada pertandingan pekan pertama Serie A Italia 2019/20. Laga yang digelar di Stadion Giuseppe Meazza itu dihadiri oleh 64.188 penonton.

Di tempat kedua, ada laga AS Roma menghadapi Genoa yang dihadiri oleh 38.779 penonton. Sementara di posisi ketiga, duel Fiorentina kontra Napoli di Stadion Artemio Franchi disaksikan oleh 33.614 pasang mata.

Dalam beberapa musim belakangan, kompetisi Serie A Italia memang menghadapi masalah minimnya penonton yang hadir langsung ke stadion. Bahkan, dalam dua musim terakhir, rata-rata penonton Serie A tak lebih dari 22.000 per pertandingan.

Namun pada awal musim 2019/20, Serie A menunjukkan bahwa tifosi klub-klub Negeri Pizza mulai kembali bergairah datang ke stadion. Banyaknya bintang-bintang top dunia yang hijrah ke Italia menjadi salah satu faktor meningkatnya jumlah penonton di setiap pertandingan.

Seperti diketahui, pada jendela transfer musim panas ini klub-klub Italia sukses memboyong deretan bintang papan atas. Adrien Rabiot, Aaron Ramsey, Romelu Lukaku, Franck Ribery, hingga Hirving Lozano adalah pemain-pemain kelas satu yang akan meramaikan kompetisi Serie A Italia musim ini.