Liga Indonesia

Sudah Pensiun, 3 Legenda Liga Indonesia Terpaksa Merumput Lagi

Kamis, 29 Agustus 2019 06:48 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Prio Hari Kristanto
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Ferry Rotinsulu, salah satu legenda Sriwijaya FC. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Ferry Rotinsulu, salah satu legenda Sriwijaya FC.

INDOSPORT.COM - Ada sisi unik dari dunia sepak bola di mana ada tiga legenda Liga Indonesia yang sudah pensiun terpaksa merumput lagi.

Tentunya, hal tersebut sangat jarang terjadi di dunia sepak bola. Akan tetapi, sejumlah alasan membuat para legenda ini turun tangan dalam kompetisi nasional.

Para legenda ini biasanya telah berprofesi sebagai pelatih sebuah klub pascapensiun. Bukan tanpa sebab mereka terpaksa bermain lagi.

Sejumlah kejadian seperti kekurangan pemain akibat cedera panjang. Sehingga membuat para legenda ini mesti 'turun  gunung' untuk membantu tim yang dibesutnya.

Maka dari itu, tak berlama-lama, berikut ini sederet legenda Liga Indonesia yang terpaksa merumput lagi pada sebuah kompetisi resmi sepak bola.

1. Ferry Rotinsulu

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Pelatih Kiper Sriwijaya FC Ferry Rotinsullu yang kini didaftarkan menjadi kiper ketiga Sriwijaya FC saat berkomunikasi dengan kiper lain. (Muhammad Effendi/INDOSPORT) Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTPelatih Kiper Sriwijaya FC Ferry Rotinsullu yang kini didaftarkan menjadi kiper ketiga Sriwijaya FC saat berkomunikasi dengan kiper lain. (Muhammad Effendi/INDOSPORT)

Mantan kiper Timnas Indonesia, Ferry Rotinsulu, menjadi salah satu legenda Liga Indonesia yang terpaksa merumput lagi untuk klub Liga 2 2019, Sriwijaya FC.

Pasalnya, salah satu kiper utama Laskar Wong Kito, Alexander, mengalami cedera. Ferry Rotinsulu, yang menjabat sebagai pelatih kiper Sriwijaya FC, pun menjadi opsi.

Laskar Wong Kito mendaftarkan Ferry Rotinsulu sebagai kiper ketiga untuk putaran kedua Liga 2 2019. Rencananya, jika Sriwijaya FC lolos ke babak delapan besar, manajemen akan mencari kiper baru.

"Saya sudah siap tentunya. Saya pun sebagai antisipasi jika kedua kiper memang tak bisa turun," kata Ferry di Palembang, Minggu (25/08/19).

2. Bima Sakti Tukiman

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Preskon Arema Cronus vs Persiba Balikpapan Jaino Matos (kiri) dan Bima Sakti. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPreskon Arema Cronus vs Persiba Balikpapan Jaino Matos (kiri) dan Bima Sakti (kanan).

Lalu ada legenda Liga Indonesia lainnya seperti Bima Sakti Tukiman yang juga terpaksa merumput lagi kala menjadi pelatih Persiba Balikpapan di Liga 1 2017.

Bima, yang saat itu menjabar sebagai asisten pelatih, terpaksa didaftarkan oleh Persiba lantaran kekurangan pemain di lini tengah jelang lawan Persib.

Bima pun menuturkan kepada kepala pelatih Persiba kala itu, Jaino Matos, untuk siap dipasang pada laga nanti dan bakal tampil spartan.

"Mungkin besok 99 persen saya akan dimainkan dan saya siap untuk memberikan yang terbaik buat Persiba,” ujar Bima, dinukil Simamaung, Jumat (20/05/17).

3. Joice Sorongan

© Donny Aditya/Kaltim Post
Pelatih kiper Mitra Kukar Joice Sorongan. Copyright: Donny Aditya/Kaltim PostPelatih kiper Mitra Kukar, Joice Sorongan.

Terakhir ada legenda Liga Indonesia Joice Sorongan yang harus kembali bermain. Padahal, ia adalah pelatih kiper Mitra Kukar di Liga 1 2017.

Joice disiapkan manajemen lantaran dua kiper Mitra Kukar, Gerri Mandagi dan Joko Ribowo, mengalami cedera parah dan harus menepi dengan waktu yang lama.

"Kami telah daftarkan Joice Sorongan sebagai pemian kepada operator Liga 1 (2017)," ujar manajer Mitra Kukar, Nor Alam, seperti dinukil laman resmi klub.

Meski begitu Joice mengaku tetap menjadi cadangan saja dan memberikan kesempatan pada kiper muda Riki Pambudi untuk menjadi starter.