Liga Indonesia

Datangkan Amido Balde, PSM Makassar Bisa Dapatkan 3 Keuntungan Ini

Sabtu, 31 Agustus 2019 06:27 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Amido Balde di laga menghadapi Persipura Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Amido Balde di laga menghadapi Persipura

INDOSPORT.COM - Amido Balde secara resmi diumumkan tak lagi memperkuat Persebaya Surabaya untuk putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Kabar tersebut dirilis akun media sosial Instagram klub pada Rabu (28/8/19).

Tak butuh waktu lama untuk mendapatkan klub baru, Amido Balde dikabarkan bakal segera bergabung ke PSM Makassar. 

PSM Makassar selangkah lagi menyelesaikan transfer Amido Balde. Balde bahkan dikabarkan sudah menginjakkan kakinya di Makassar, Jumat (30/08/19) malam kemarin.

Mendatangkan Amido Balde tentunya dapat memberikan banyak keuntungan bagi PSM Makassar. Berikut ini kami rangkum tiga keuntungan yang bisa didapat PSM.

1. Penyerang Subur

Amido Balde sebetulnya memiliki catatan gol yang cukup baik di Persebaya. Sayang, ia tak mendapat kepercayaan penuh untuk membuktikan kualitasnya. 

Di bawah Djanur, Amido Balde cukup sering dibangkucadangkan. Awal bulan ini pun ia dipusingkan karena masalah cedera.

Namun, ketika ia fit, Balde menjelma jadi monster menakutkan di lini depan. Hal ini dibuktikan dengan 10 gol yang diciptakannya di Piala Indonesia. Jumlah ini menjadikannya sebagai top skor bersama dengan Zulham Zamrun. 

Di Liga 1, ia mencetak lima gol. Tiga di antaranya dicetak dalam satu pertandingan alias hattrick. Ia pun meraih lima gol ini dari sembilan pertandingan. 

Jika ditambah dengan perolehan di Piala Presiden, maka Amido Balde total telah mencetak 19 gol untuk Persebaya. 

Tentu saja ini jumlah yang tak main-main. Sayang, Persebaya punya penilaiannya sendiri sehingga harus mendepak Balde. 

Dengan tingkat rasio gol yang tinggi, PSM pun bisa mendapat keuntungan besar dengan merekrut Amido Balde.

2. Pemberi Umpan Silang Ulung

Tak hanya tajam di depan gawang, Amido Balde menunjukkan dirinya adalah pemberi umpan yang baik. 

Secara posisi, Balde memiliki kemampuan untuk bermain melebar ke kanan. Dari posisi ini, Balde acap kali melepaskan umpan silang berbahaya yang bisa dimanfaatkan menjadi gol. 

Kemampuan ini tentunya jadi nilai plus bagi Amido Balde saat memperkuat PSM nantinya. 

3. Pengalaman Segudang di Eropa dan Timnas

Jika melihat CV yang dimiliki, Amido Balde merupakan pemain dengan penglaman level tinggi. 

Amido Balde merupakan pemain sepak bola lulusan akademi klub Portugal, Sporting Lisbon. Ia bergabung dengan Sporting U-19 pada 2008 silam dan terus berkembang.

Selepas dari tim junior Sporting, ia gabung ke klub Portugal Vitoria Guimares pada tahun 2012. 

Selepas dari kancah sepak bola Portugal, Amido Balde mencoba peruntungan di negara lainnya, tepatnya bersama klub raksasa Skotlandia, Celtic, dan klub Belgia, Waasland-Beveren. 

Bersama Celtic, karier Amido Balde terbilang cukup gemilang. Ia cukup sering ditampilkan pada musim pertamanya dan langsung menghasilkan trofi.

Pada musim 2013/14, Amido Balde membantu Celtic merajai gelaran Liga Skotlandia. Itu menjadi trofi kedua Amido Balde dalam kariernya, setelah setahun sebelumnya mampu menyabet gelar Piala Portugal.

Amido Balde pun dalam karier sepak bolanya pernah merasakan membela Timnas Guinea-Bissau. Menurut catatan situs Transfermarkt, Amido Balde telah tampil sebanyak enam kali untuk negaranya.