Liga Indonesia

Eks Celta Vigo Incaran Persija Pernah Berjaya di Siprus Bersama Julio Banuelos

Sabtu, 31 Agustus 2019 16:15 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Julio Banuelos pernah bekerja sama dengan Joan Tomas di AEK Larnaca. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Julio Banuelos pernah bekerja sama dengan Joan Tomas di AEK Larnaca.

INDOSPORT.COM – Eks playmaker Celta Vigo, Joan Tomas, ternyata bukanlah sosok asing jika bernar-benar merapat ke Persija Jakarta. Pemain asal Spanyol itu merupakan bekas anak asuh pelatih Macan Kemayoran, Julio Banuelos Saez, di AEK Larnaca.

Tomas dan Julio Banuelos pernah bekerja sama di AEK Larnaca pada 2014 hingga 2016. Sang pemain telah menjadi pilihan utama di sana sejak 2012/13. Sedangkan, Julio saat itu menjabat sebagai asisten pelatih Thomas Christiansen.

Dalam kurun waktu tersebut, Larnaca dua kali keluar sebagai runner-up Liga Siprus. Pencapaian itu membuat keduanya berkesempatan mencicipi Kualifikasi Liga Europa 2015/16. Namun, Larnaca harus mengakui keunggulan Bordeaux di babak ketiga.

Di bawah Julio dan Christiansen selama dua musim, Tomas menjadi pilar penting. Eks pemain Timnas Spanyol U-19 itu mengemas 62 penampilan di semua kompetisi. Dalam total penampilan tersebut, Tomas pun berhasil mencetak 14 gol.

Namun, kebersamaan keduanya harus berakhir ketika Julio Banuelos merapat ke klub rival asal SIprus, APOEL. Julio kemudian hengkang ke Leeds United dan Timnas Indonesia usai berkontribusi membawa APOEL menjuarai Liga Siprus.

Dengan pengalaman bekerja sama ini, Julio Banuelos tentu telah mengetahui penempatan posisi dan peran sang pemain. Ini akan menjadi modal berharga bagi Persija Jakarta jika Tomas benar-benar datang dalam waktu dekat.