Liga Indonesia

Pemain Tira Persikabo Banyak Bela Timnas Indonesia, Begini Reaksi Rahmad Darmawan

Sabtu, 31 Agustus 2019 06:14 WIB
Editor: Juni Adi
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Rahmad Darmawan saat hadiri sesi konferensi pers sebelum pertandingan PSIS vs Tira Persikabo. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Rahmad Darmawan saat hadiri sesi konferensi pers sebelum pertandingan PSIS vs Tira Persikabo.

INDOSPORT.COM -  Timnas Indonesia akan melakoni dua laga sengit, di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 menghadapi Malaysia (5/9) dan Thailand (10/5) .

Pemusatan latihan pun menjadi rutinitas bagi para Skuat Garuda, demi meraih hasil maksimal di laga tersebut. Sayangnya, agenda ini justru banyak memunculkan komentar negatif di kalangan 16 lklub Liga 1 2019.

Pasalnya ditengah-tengah jadwal padat, mereka harus menjalani kompetisi sisa musim ini tanpa sejumlah pilar andalannya. Tira Persikabo menjadi salah satu klub yang mengkritik  tersebut.

Tercatat ada enam pemain Laskar Padjajaran yang absen saat menjamu Borneo FC dalam menjalani lanjutan Liga 1 2019  pekan ke-17 pada Minggu (01/0919) di Stadion Pakansari, Bogor.

Mereka adalah Khursed Beknazarov (Tajikistan), Angga Saputra, Osas Saha, Manahati Lestusen (Indonesia) dan Roni Sugeng (Indonesia U-23).

Situasi ini membuat Rahmad Darmawan selaku pelatih dihadapkan dengan situasi sulit. Apalagi mayoritas pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia adalah yang kerap dimainkan dalam starting line-up.

"Saya berusaha untuk itu tidak terjadi. Tapi bagaimanapun ini di luar prediksi saya. Dulu siapa sih yang melirik pemain Tira jadi pemain nasional? Tapi saya harus siap dengan kondisi itu," ungkap RD, sapaan akbrabnya dikutip dari Liga Indonesia.

Untuk mengatasi masalah ittu, RD berupaya mencari pemain baru. Namun hal itu diakuinya bukanlah hal mudah. Sejauh ini baru Friska Womsiwor yang merapat ke Tira Persikabo dari Barito Putera.

"Saya sekarang hanya memaksimalkan pemain yang ada dan Bismillah selalu ada jalan. Jujur banyak pemain kita diminati klub lain, jadi untuk ambil pemain kita akan susah," sambungnya.