Liga Inggris

Buruknya Umpan Jadi Biang Keladi Kegagalan Manchester United Petik Poin Penuh

Minggu, 1 September 2019 15:05 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Indra Citra Sena
© Catherine Ivill/GettyImages
Akurasi umpan disinyalir menjadi biang keladi kegagalan Manchester United melawan Southampton di pekan keempat Liga Inggris (31/8/19). Copyright: © Catherine Ivill/GettyImages
Akurasi umpan disinyalir menjadi biang keladi kegagalan Manchester United melawan Southampton di pekan keempat Liga Inggris (31/8/19).

INDOSPORT.COM - Akurasi umpan disinyalir menjadi biang keladi hasil imbang Manchester United melawan Southampton di pekan keempat Liga Inggris 2019/20, Sabtu (31/8/19). Hal itu membuat permainan build-up tim tersendat dan sering kehilangan bola di daerah sendiri.

Berdasarkan statistik di akun @UtdArena, hal tersebut terlihat sejak babak pertama. Meski unggul 1-0 melalui gol Daniel James pada menit ke-10, hanya ada tiga pemain Man United yang mencatatkan akurasi umpan di atas 80 persen.

Pemain tersebut adalah Harry Maguire (92,9 persen), Juan Mata (86,4 persen), dan Ashley Young (84,4 persen). Selain ketiga pemain di atas, hanya Andreas Pereira yang mencatatkan akurasi umpan cukup baik (78,6 persen).

Sebagai salah satu bintang di tim, Paul Pogba tidak menjalani laga tersebut dengan cukup baik. Ia hanya mencatatkan akurasi umpan sekitar 74 persen. Tak hanya itu, ia kehilangan bola lebih dari 13 kali kala ditekan oleh lini depan Southampton di pertahanan sendiri.

Selain Pogba, Marcus Rashford pun dinilai cukup buruk. Striker Timnas Inggris ini mencatatkan 61 persen umpan berhasil. Dengan akurasi tembakan buruk (33 persen) dan kehilangan bola 14 kali, jebolan akademi Man United ini tak memberikan solusi untuk mencetak gol.

Hal ini menjadi salah satu permasalahan besar yang harus diperbaiki United. Selain akurasi umpan saat build-up, para penggawa Setan Merah perlu menemukan solusi terbaik untuk membongkar pertahanan klub lawan.

Dalam laga melawa Southampton, Manchester United sendiri kecolongan gol sundulan Jannik Vestergaard setelah sempat unggul melalui gol roket Daniel James pada menit ke-10. Hasil ini membuat mereka tertahan di posisi ketujuh klasemen sementara dengan raihan lima poin.