Bola Internasional

Ada Eks Man United, 3 Bintang Dunia yang Punya Kedekatan dengan Xander Houtkoop

Senin, 2 September 2019 20:29 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© VI Images via Getty Images/INDOSPORT
Ada eks Man United, 3 bintang dunia yang punya kedekatan dengan Xander Houtkoop, diantaranya Daley Blind. Copyright: © VI Images via Getty Images/INDOSPORT
Ada eks Man United, 3 bintang dunia yang punya kedekatan dengan Xander Houtkoop, diantaranya Daley Blind.

INDOSPORT.COM – Pemain Belanda yang memiliki keturunan Indonesia, Xander Houtkoop berpeluang didatangkan oleh sejumlah klub Liga 1 2019 pada bursa transfer paruh musim ini.

Pasalnya, pemain yang saat ini telah berusia 30 tahun tersebut berstatus bebas transfer alias tidak memiliki klub. Itu terjadi ketika dirinya tak mendapatkan perpanjangan kontrak dari klub asal Norwegia, HamKam.

Namun sebelum berpeluang diboyong oleh beberapa klub Liga 1 2019, Xander Houtkoop nyatanya memilikisegudan pengalaman di persepakbolaan Eropa. Hal itu membuat dirinya punya kedekatan dengan sejumlah bintang sepak bola dunia.

Momen itu tentunya bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Xander Houtkoop. Karena nantinya, ia bisa saja menularkan pengalamannya kepada para pemain Indonesia.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 bintang dunia yang punya kedekatan dengan pemain keturunan Indonesia, Xander Houtkoop.

Daley Blind

© GETTY IMAGES
Daley Blind dari Manchester United (kanan) dalam pertandingan Barclays Premier League antara Manchester United dan Queens Park Rangers di Old Trafford pada (15/9/14) di Manchester, Inggris. Copyright: GETTY IMAGESDaley Blind dari Manchester United (kanan) dalam pertandingan Barclays Premier League antara Manchester United dan Queens Park Rangers di Old Trafford pada (15/9/14) di Manchester, Inggris.

Mantan pemain Manchester United, Daley Blind nyatanya punya kedekatan dengan Xander Houtkoop. Kedekatan mereka terjalin ketika sama-sama memperkuat Timnas Belanda U-19 pada 2009 silam.

Keduanya sama-sama memainkan pertandingan melawan Yunani U-19. Dalam pertandingan yang dimenangkan Yunani 2-1 ini, Xander dimainkan pada menit ke-63 menggantikan Jules Reimerink.

Georginio Wijnaldum

© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Georginio Wijnaldum melakukan selebrasi setelah berhasil membobol gawang Manchester City. Copyright: Matthew Ashton - AMA/Getty ImagesGeorginio Wijnaldum melakukan selebrasi setelah berhasil membobol gawang Manchester City.

Selain Daley Blind, Xander juga bermain bersama dengan bintang Liverpool Georginio Wijnaldum. Momen itu juga terjadi ketika Belanda U-19 dikalahkan Yunani U-19 dengan skor 1-2.

Wijnaldum sendiri saat ini telah menjadi salah satu bagian penting di skuat Liverpool. Ia mampu membantu The Reds meraih gelar juara Liga Champions 2018/19 lalu.

Namun tak ada yang menyangka bahwa pemain sekelas Wijnaldum ini punya kedekatan dengan salah satu pemain keturunan Indonesia, yang bisa saja bermain di Liga 1 dalam waktu dekat.

Daryl Janmaat

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESDaryl Janmaat saat membela Timnas Belanda.

Terakhir, ada nama mantan bek kanan Newcastle United, Daryl Janmaat. Pemain yang juga sempat masuk dalam skuat Timnas Belanda pada ajang Piala Dunia 2014 Brasil lalu.

Sebelum menjadi bagian penting di lini pertahanan Timnas Belanda, Janmaat nyatanya lebih dulu merasakan bermain bersama pemain berdarah Indonesia, Xander Houtkoop.

Keduanya sama-sama memainkan pertandingan ketika menghadapi Mesir U-20. Xander dan Janmaat sendiri dipercaya sebagai starter pada pertandingan yang berakhir dengan hasil imbang 1-1 tersebut.