Liga Indonesia

Hanya Ditonton 600 Suporter, Greg Nwokolo Heran dengan Suporter Madura United

Senin, 2 September 2019 06:26 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
© Twitter/@MaduraUnitedFC
Greg Nwokolo (kanan) dibayangi Zulham Zamrun (kiri) pada laga Madura United vs PSM Makassar di Liga 1 2019, Kamis (04/07/19). Copyright: © Twitter/@MaduraUnitedFC
Greg Nwokolo (kanan) dibayangi Zulham Zamrun (kiri) pada laga Madura United vs PSM Makassar di Liga 1 2019, Kamis (04/07/19).

INDOSPORT.COM - Greg Nwokolo mencurahkan isi hatinya setelah melihat sendiri fenomena tingkat kehadiran suporter Madura united yang semakin sepi di Stadion Gelora Madura Pamelingan, Minggu (01/09/19) malam WIB.

Dia langsung bertanya kepada awak media pada kesempatan konferensi pers selepas laga melawan Kalteng Putra di Liga 1 2019. Dan ketika mendengar suporternya hanya datang dengan jumlah 621, Greg tampak tak percaya.

"Itu bagaimana kok hanya 600? Pertandingan melawan Semen Padang kemarin juga hanya 700, dan sekarang semakin turun," tutur Greg Nwokolo.

Kapten tim Madura United itu merasa perlu untuk menyampaikan kegundahan hatinya. Pasalnya, fenomena negatif itu sangat merugikan tim laskar Sapeh Kerrab, baik dari segi teknis maupun nonteknis.

Dari segi teknis, penuruan jumlah kehadiran suporter jelas berpengaruh pada motivasi pemain di lapangan. Hal serupa juga ikut mengakibatkan problem nonteknis, berupa kerugian finansial hingga ratusan juta atas biaya penyelenggaraan pertandingan yang ditanggung Panpel.

"Kehadiran suporter sangat penting bagi kami. Karena jika terus seperti ini, kami akan merasa seperti bermain away, bukan home," curhat striker naturalisasi kelahiran Nigeria tersebut.

"Mungkin suporter bisa mendukung kami dari (tayangan televisi di) rumah. Tapi kalau bisa datang langsung ke stadion, akan menjadi tambahan motivasi yang lebih bagi pemain," sambung dia.

Laga menjamu Kalteng Putra memang seolah menjadi ujung dari fenomena semakin sepinya penonton di SGM musim ini.

Situasi seperti ini sudah berlangsung sejak kehadiran 5.136 saat menjamu Arema FC di pekan 10 lalu, dan semakin berkurang hingga hanya ratusan pasang mata saja.

1