Bola Internasional

Quinten Dekkers, Bek Muda AZ Alkmaar yang Punya Darah Keturunan Indonesia

Senin, 2 September 2019 19:08 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Quinten Dekkers keturunan Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Quinten Dekkers keturunan Indonesia.

INDOSPORT. COM - Seorang bek muda AZ Alkmaar, Quinten Dekkers, diketahui memiliki darah keturunan Indonesia. Bela Skuat Garuda?

Quinten Dekkers memanglah sosok bek muda yang tengah merumput di AZ Alkmaar. Masih berusia 18 tahun, Dekkers tergabung bersama skuat junior AZ Alkmaar U-19.

Identitasnya sebagai pesepak bola tercatat sebagai warga negara Belanda. Situs Transfermarkt pun turut menuliskannya demikian.

Namun setelah diterka lebih jauh, ternyata Dekkers punya darah keturunan Indonesia. Dekkers sendiri yang langsung membongkar soal identitasnya tersebut.

Dekkers mengaku dahulu leluhurnya berasal dari Indonesia. Para leluhur Dekkers kemudian hijrah menuju Belanda dan membangun kehidupan di sana.

"Ya benar, saya seorang blasteran Indonesia-Belanda. Kakekku zaman dulu datang ke sini (Belanda) dengan menggunakan kapal dari Indonesia," ungkap Dekkers kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Kalau secara garis keturunan, darah Indonesia yang mengalir dalam tubuh Dekkers berasal dari ibunya. Fakta ini jelas membuat Dekkers ke depannya bisa berpeluang membela Timnas Indonesia.

"Kakekku mempunyai anak yang salah satunya adalah ibu saya," ujar Dekkers.

Andai Dekkers ke depannya ingin membela Timnas Indonesia, sepertinya perlu melewati proses naturalisasi terlebih dahulu. Pasalnya, Dekkers pada tahun 2017 lalu telah sempat mendapat kesempatan membela Timnas Belanda U-16.

Dekkers pernah tampil di dalam tiga laga berbeda, yakni kontra Rumania U-16, Norwegia U-16, dan Belgia U-16. Hebatnya, ketiga laga itu kesemuanya mampu diakhiri Dekkers dengan kemenangan.

Patut dinanti soal perkembangan karier Dekkers, terutama soal kiprahnya di level internasional. Akankah mau membela Skuat Garuda?