In-depth

Situasi Gol yang Bisa Diciptakan Persija Saat Lawan PSM

Rabu, 28 Agustus 2019 12:46 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic selebrasi dengan para pemain Persija Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic selebrasi dengan para pemain Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM – Persija Jakarta maupun PSM Makassar bisa menciptakan gol dalam situasi-situasi tertentu di laga pekan ke-7 Shopee Liga 1 2019, Rabu (28/08/19), di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan.

Persija Jakarta dan PSM Makassar akan sekali lagi bertemu jelang penutupan paruh pertama Liga 1 2019. Keduanya begitu berselera untuk saling mengalahkan demi kedudukan yang lebih baik di klasemen.

Dalam 6 pertemuan terakhir di semua kompetisi, PSM Makassar berhasil meraih 2 kemenangan sedangkan Persija Jakarta sekali, 3 sisanya selalu berakhir imbang dengan skor identik 2-2.

Laga Persija Jakarta vs PSM Makassar dalam 6 laga terakhir tercatat telah melahirkan 16 gol dengan rincian 7 gol untuk Persija Jakarta, sementara PSM Makassar 9 gol.

Dari total 16 gol tersebut, ada beragam situasi gol yang terjadi. Namun demikian, setidaknya ada 3 situasi gol yang dominan terjadi di laga Persija Jakarta vs PSM Makassar.

Situasi-situasi gol ini punya kemungkinan untuk kembali terulang. Baik Persija Jakarta maupun PSM Makassar bisa menerapkannya demi mendapatkan keunggulan.

Set Piece

Situasi gol dari atau yang berawal dari set piece (bola mati) setidaknya selalu terjadi di 4 laga terakhir Persija Jakarta vs PSM Makassar.

Gol Ryuji Utomo di final leg 1 Piala Indonesia 2018/19 berawal dari sepak pojok. Sementara itu, gol Aaron Evans di leg 2 juga berawal dari sepak pojok yang diteruskan lewat sundulan kepala.

Pada 2 pertemuan Persija Jakarta dan PSM Makassar di Liga 1 2018 lalu, kedua tim selalu bermain imbang 2-2. Setidaknya 5 dari 8 gol yang tercipta berawal dari skema set piece.

Laga putaran kedua Liga 1 2018 yang berlangsung di Stadion Mattalatta, 16 November 2018, menjadi momen yang paling banyak melahirkan gol dari atau berawal situasi set pice.

Ini menjadi bukti kalau set piece menjadi salah satu jurus mematikan untuk memecah kebuntuan selain bermain lewat skema open play.

Sundulan Kepala

Situasi gol di laga Persija Jakarta vs PSM Makassar turut didominasi sundulan kepala. Hal tersebut juga tidak lepas dari atau yang berawal dari set piece.

Dua gol PSM Makassar di final leg 2 Piala Indonesia 2018/19 yang dicetak Aaron Evans dan Zulham Zamrun bahkan tercipta melalui sundulan kepala.

Setidaknya 5 dari 16 gol di 6 laga terakhir Persija Jakarta vs PSM Makassar tercipta lewat sundulan kepala. Hal ini menunjukkan, bola-bola udara menjadi situasi yang berbahaya dalam proses terjadinya gol.

Open Play

Situasi gol melalui open play atau permainan terbuka juga banyak menyumbang gol di laga Persija Jakarta vs PSM Makassar. Situasi ini biasanya melibatkan key pass ke arah kotak penalti.

Laga kedua tim di Liga 1 2017 pada 15 Agustus yang berakhir 202 menjadi salah satu yang menarik. Gol cantik Wiljan Pluim yang lolos dari jebakan offside berawal dari key pass M. Rahmat, sedangkan gol penyelamat Bruno Lopes diinisiasi umpan Reinaldo Costa.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%