Liga Indonesia

Miskomunikasi dengan PSSI, Transfer Emir Eranoto ke Klub Italia Tinggal Tunggu FIGC

Selasa, 3 September 2019 07:33 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© https://www.instagram.com/emireranoto/
Emir Eranoto, pemain muda Indonesia di Italia Copyright: © https://www.instagram.com/emireranoto/
Emir Eranoto, pemain muda Indonesia di Italia

INDOSPORT. COM - Proses transfer wonderkid Indonesia, Emir Eranoto, ke klub Italia masih menunggu kejelasan FIGC setelah pengiriman dokumen dari PSSI.

Sosok Emir Eranoto pada musim 2019/20 akan membela klub barunya yang berlaga di kasta keenam Liga Italia, San Marco Juventina. Ia diboyong San Marco Juventina setelah tampil apik selama setahun di ISM Academy. 

Namun, masa depan Emir Eranoto saat ini malah tampak tanda tanya. Ia belum bisa bermain untuk San Marco Juventina akibat masih adanya permasalahan dokumen transfer.

Emir Eranoto menunggu surat yang berisi keterangan PSSI bahwa dirinya sama sekali tidak terikat dengan klub sepak bola Indonesia, sehingga bisa teken kontrak di San Marco Juventina.

Awalnya, pada Senin (02/09/19), pihak Emir mengira PSSI belum mengirimkan surat tersebut kepada FIGC.

"Mungkin PSSI tidak tahu kalau ada pemain Indonesia yang merumput di Liga Italia. Saya belum memiliki caps buat Timnas Indonesia dan saya juga tidak tahu harus menanyakan ke bagian mana di PSSI," keluh Emir Eranoto kepada INDOSPORT.

Lebih lanjut, Emir Eranoto menjelaskan kalau sekarang dirinya hanya bisa ikut berlatih dan menonton rekan-rekan setimnya bertanding. Padahal, pihak pelatih San Marco Juventina sudah begitu membutuhkan kemampuan Emir Eranoto untuk berlaga di kasta keenam Liga Italia yang baru dimulai pekan ini.

"Pelatih sudah menginginkan sekali saya bisa ikut bertanding di laga resmi. Semoga saja PSSI cepat membantu dengan mengirimkan dokumen yang dibutuhkan FIGC," kata Emir Eranoto.

"Pelatih saya menyuruh saya buat telepon ketua PSSI, tapi saya tidak tahu harus telepon ke siapa, karena PSSI sekarang tidak ada ketuanya," tambah Emir Eranoto.

Mendapati penuturan Emir Eranoto, pihak PSSI lantas memberikan klarifikasi. Kepala Humas dan Promosi PSSI, Gatot Widakdo, menjelaskan bahwa dokumen yang dibutuhkan sang pemain muda sebenarnya sudah rampung.

Dokumen tersebut bahkan telah diserahkan oleh PSSI kepada FIGC per 23 Agustus 2019 lalu. Saat ini, penyelesaian terkait proses transfer Emir Eranoto pun bukan di tangan PSSI lagi, melainkan tinggal menunggu kebijakan FIGC.

“Prosesnya memang harus ada request dari klub barunya. Mereka request di 22 Agustus. PSSI reply 23 Agustus. Dari PSSI sudah clear. Proses selanjutnya (sekarang ada) dari pihak FIGC,” papar Kepala Humas dan Promosi PSSI, Gatot Widakdo, kepada redaksi berita INDOSPORT, Selasa (03/09/19).

Kala memberikan penjelasan, Gatot juga menunjukkan bukti surat elektronik PSSI ke FIGC, beserta balasannya sesuai tanggal tadi. Dengan demikian, PSSI telah menuntaskan permohonan yang diminta Emir.

Gatot sendiri menekankan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan ayah dari Emir, sehingga jelas bahwa status dokumen tinggal menunggu tindak lanjut dari FIGC. Bila tidak ada aral melintang, semestinya Emir dalam waktu dekat bisa merampungkan kepindahannya ke San Marco Juventina.

IDS Emoticon Suka
Suka
14%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
14%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
36%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
7%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
29%