Bola Internasional

Adu Statistik Pemain Termahal Timnas Indonesia dan Malaysia, Siapa yang Unggul?

Rabu, 4 September 2019 16:53 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Indosport.com
Pertandingan Indonesia vs Malaysia. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Pertandingan Indonesia vs Malaysia.

INDOSPORT.COM - Berikut adu perbandingan statistik dari pemain termahal Timnas Indonesia dan Malaysia jelang kualifikasi Piala Dunia 2022, siapa yang lebih unggul?

Pertandingan perdana Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia sendiri berlangsung pada Rabu (05/09/19) mendatang, dan langsung berhadapan dengan salah satu rival abadi mereka yakni tetangga serumpun Malaysia.

Bertanding di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Timnas Indonesia bakal bertindak sebagai tuan rumah dan berharap bisa meraih kemenangan sehingga mempermudah langkah Garuda menuju babak penyishan grup.

Jelang pertandingan bertajuk El Clasico ASEAN tersebut, menarik untuk melihat perbandingan statistik dari masing-masing pemain kunci kedua kesebelasan.

Kali ini INDOSPORT.COM coba membandingkan statistik dari pemain termahal yang ada di Timnas Indonesia dan Malaysia, siapakah yang lebih unggul ? Berikut ulasan dan rangkumannnya.

Melansir dari laman transfermarkt.com, diketahui jika pemain termahal Indonesia dipegang oleh winger Persija Jakarta yakni Riko Simanjuntak dengan harga 325 ribu euro atau setara dengan Rp 5,5 miliar rupiah.

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Riko Simanjuntak, bintang sepak bola Persija Jakarta Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTRiko Simanjuntak, bintang sepak bola Persija Jakarta

Sementara dari kubu Timnas Malaysia, pemain termahal mereka jatuh pada wingback naturalisasi asal Kanada yakni La'Vere Corbin-Ong, pemian berusia 23 tahun tersebut mempunyai harga 275 ribu euro atau sekitar Rp 4,2 miliar.

Dari catatan bersama Timnas, Riko Simanjutak sedikit lebih unggul ketimbang Corbin-Ong di mana mantan pemain Semen Padang ini telah mencatatkan delapan caps bersama Timnas Indonesia dan menorehkan 4 asis.

Sedangkan Corbin-Ong baru dua kali berseragam Harimau Malaya dan sukses menorehkan satu asis. Namun ada satu catatan menarik dari Corbin-Ong, meski resmi dinaturalisasi oleh Malaysia namun pada tahun 2017 lalu ia pernah membela Timnas Kanada di laga persahabatan kontra Skotlandia.

© Ronal Seger Prabowo/INDOSPORT
Riko Simanjuntak mengontrol bola dari pemain PSS Sleman Copyright: Ronal Seger Prabowo/INDOSPORTRiko Simanjuntak mengontrol bola dari pemain PSS Sleman.

Dari catatan bersama klub, La'Vere Corbin-Ong punya raihan lebih impresif ketimbang Riko Simanjuntak. Di mana pemain berusia 28 tahun tersebut sudah mengoleksi empat gelar bersama Johor Darul Ta'zim yakni dua trofi Malaysia Super League, serta dua gelar Malaysia Charity Shield.

Riko Simanjuntak sendiri baru meraih satu gelar, yakni juara Shopee Liga 1 Indonesia musim lalu bersama Persija Jakarta. Selain itu, La'Vere Corbin-Ong juga memiliki jam terbang bermain lebih banyak dengan memperkuat sejumlah tim Eropa.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

👆🏅 #thxgod #rikosimanjuntak #persijajakarta #persija #jakmania #thejakmania #persijaday

A post shared by Riko Simanjuntak (@riko.smnjuntak) on

La'Vere Corbin-Ong pernah merantau di kompetisi Liga Jerman bersama FSV Frankfurt, FC Pommern Greifswald, dan Berliner AK 07. Ia pun sempat mencicipi kompetisi DFB-Pokal atau Piala Liga Jerman dan berhadapan dengan VfL Wolfsburg di ronde pertama.

Liga Belanda pun pernah ia cicipi saat bergabung bersama Go Ahead Eagles Deventer di kasta kedua Eredivisie, termasuk tampil di Piala Belanda dan berhadapan dengan Fortuna Sittard.

Sedangkan La'Vere Corbin-Ong dari laman Transfermarkt.com diketahui baru menorehkan 9 laga bersama Johor Darul Ta'zim, dan belum sekalipun ia memberikan asis atau gol untuk Harimau Selatan musim ini.

Berbekal catatan tersebut, menarik untuk dinanti duel dari pemain termahal di skuat Indonesia dan Malaysia ini di ajang kualifikasi Piala Dunia pada Rabu (04/09/19) mendatang.