Liga Inggris

Resmi! Pengusaha Indonesia Miliki Saham Klub Tetangga Liverpool

Rabu, 4 September 2019 11:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Steven Paston/PA Images via Getty Images
Salah satu pemilik Tranmere Rovers sebelumnya, Mark Palios (kiri) berselebrasi pasca klubnya memenangkan gelar juara Sky Bet League Two musim 2018-19 Copyright: © Steven Paston/PA Images via Getty Images
Salah satu pemilik Tranmere Rovers sebelumnya, Mark Palios (kiri) berselebrasi pasca klubnya memenangkan gelar juara Sky Bet League Two musim 2018-19

INDOSPORT.COM – Santini Group yang dimiliki Keluarga Wanandi asal Indonesia diumumkan secara resmi sebagai pemilik saham klub Inggris, Tranmere Rovers, seperti diberitakan oleh BBC.

Santini Group yang dimiliki tiga bersaudara, Wandi, Lukito dan Paulus Wanandi, resmi membeli saham yang sebelumnya dipegang ketua dan wakil ketua klub, Rovers Mark dan Nicola Palios.

Lukito nantinya akan menduduki kursi dewan klub yang berbasis di Merseyside, Inggris tersebut. Pengumuman ini terpampang di laman resmi Tranmere Rovers, Selasa (03/09/19) kemarin.

"Saya dengan senang hati mengumumkan jika klub sudah mencapai kesepakatan dengan investor dari luar, Santini Group. Dengan demikian, mereka akan memiliki saham minoritas di Tranmere Rovers," kata Mark Palios dilansir dari situs resmi klub.

Pengambilalihan saham ini sejatinya menjadi upaya pimpinan Tranmere untuk menyelamatkan situasi keuangan klub saat ini. Mereka berharap investasi dari Santini Group dapat membantu klub lebih stabil.

“Investasi awal yang mereka lakukan akan membantu kami memperbaiki beberapa kekurangan yang terjadi pada neraca keuangan selama tiga tahun kami habiskan di non-liga,” lanjutnya.

Santini Group dibentuk oleh Sofjan Wanandi pada tahun 1994. Ini merupakan induk usaha asal Indonesia yang memiliki jenis usaha di bidang peralatan otomotif, infrastruktur, sumber daya alam, pengembangan properti, dan jasa.

Tranmere Rovers berdiri pada 1884 silam dan berbasis di Birkenhead, Wirral. Saat ini, klub bermain di League One, kasta ketiga dalam sistem kompetisi liga Inggris.

Klub yang juga bertetangga dengan Liverpool dan Everton itu tengah dalam kebangkitan, di mana dalam dua musim terakhir mereka berturut-turut mendapatkan promosi.