Bola Internasional

Aksi Tak Terpuji Suporter Indonesia pada Malaysia Jadi Sorotan Media Asing

Jumat, 6 September 2019 09:42 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kericuhan yang dilakukan sekelompok oknum suporter tak bertanggung jawab di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia menjadi sorotan dunia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kericuhan yang dilakukan sekelompok oknum suporter tak bertanggung jawab di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia menjadi sorotan dunia.

INDOSPORT.COM – Kericuhan yang dilakukan sekelompok oknum suporter tak bertanggung jawab di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/19), menjadi sorotan dunia.

Media FOX Sports menjadi salah satu yang menyoroti aksi tak terpuji ini. Mereka menyebutkan bahwa laga derby serumpun ini sempat dihentikan secara mendadak saat kedudukan sama kuat 2-2.

Suporter yang menyaksikan melalui layar kaca sempat tak mengerti mengapa wasit melakukan hal ini. Padahal, di dalam lapangan, hanya terjadi cederanya Ricky Fajrin yang membuat bek sayap Bali United itu tak bisa melanjutkan laga.

Ternyata, sang pengadil melihat ada keributan di salah satu tribun penonton. Mereka mengatakan bahwa oknum suporter tuan rumah berusaha mendobrak masuk ke tribun pendukung Malaysia dengan dibarengi lemparan cerawat (flare).

Secara bersamaan, terdapat mosaik yang bernada menghina tim tamu dan penerobos yang turun ke area pinggir lapangan. Hal tersebut semakin membuat suasana mencekam meski sebagian besar suporter Indonesia yang berada di sana mengutuk hal tersebut.

Beruntungnya, sang wasit melanjutkan laga tersebut sekitar tujuh menit setelahnya. Pihak pengamanan bisa menghentikan kericuhan ini untuk sementara. Namun, pada akhir laga, hal serupa kembali terjadi dan membuat fans Malaysia mengamankan diri.

Setelah keributan ini, Timnas Indonesia mendapatkan pil pahit. Mohamadou Sumareh berhasil mencetak gol Malaysia pada menit ke-90+7 usai memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan. Kedudukan 2-3 kemudian bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.