Liga Indonesia

Gara-gara Ezra Walian, Nasib Striker Timnas Indonesia Bisa Terbuang dari PSM?

Sabtu, 7 September 2019 17:47 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ezra Walian resmi gabung PSM Makassar. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ezra Walian resmi gabung PSM Makassar.

INDOSPORT.COMPSM Makassar sat ini memiliki lima striker di dalam skuatnya di sisa kompetisi Liga 1 2019 ini. Penambahan itu terjadi ketika manajemen Juku Eja mendatangkan penyerang naturalisasi Indonesia, Ezra Walian.

Sedangkan empat striker lainnya adalah Guy Junior, Amido Balde, Ferdinand Sinaga dan Eero Markkanen. Nama terakhir, dipastikan tidak akan masuk dalam skema PSM di sisa kompetisi Liga 1 2019 ini dan akan dipinjamkan ke klub lainnya.

Selain Markkanen, tentunya bakal ada korban lain yang kemungkinan akan ‘terbuang’ dari skuat PSM apabila Ezra dan Amido Balde mampu menampilkan permainan atraktif di Liga 1 2019. Dua striker beraroma Eropa tersebut digadang-gadang bakal menjadi pilihan utama sang pelatih.

Dengan begitu, nama Guy Junior dan penyerang Timnas Indonesia Ferdinand Sinaga bakal semakin terlupakan dari skuat PSM. Terlebih, Amido Balde mampu mencetak gol pada laga debutnya melawan Persela Lamongan.

Ferdinand Sinaga sendiri saat ini juga jarang mendapatkan tempat utama di lini serang PSM. Penyerang berusia 30 tahun tersebut hanya diberikan kesempatan bermain sebagai starter sebanyak 5 kali (dari 8 pertandingan) sejauh Liga 1 2019.

Jumlah pertandingan itu tentunya terbilang sedikit untuk pemain yang berlabel Timnas Indonesia. Kini, Ferdinand Sinaga pun semakin terancam dari posisinya setelah PSM memilih untuk mendatangkan Ezra pada paruh musim ini.

© Media PSM Makassar
Ferdinand Sinaga, striker PSM Makassar Copyright: Media PSM MakassarFerdinand Sinaga, striker PSM Makassar bisa saja tersisih karena kedatangan Ezra Walian.

Sejak musim lalu, Ferdinand Sinaga sendiri memang jarang diberikan kesempatan untuk bermain sebagai starter. Dari 30 pertandingan yang dimainkan di Liga 1 2018 lalu, dirinya hanya dipercaya menjadi starter sebanyak 13 kali dan mampu mencetak 10 gol.

Setelah kedatangan Ezra ini, pelatih Darije Kalezic kemungkinan besar bakal sedikit memberikan kesempatan Ferdinand Sinaga untuk tampil bersama PSM. Akan tetapi, bisa saja mantan pemain Persib Bandung ini mampu membuktikan bahwa kualitasnya lebih baik ketimbang Ezra.

Apalgi, Ferdinand Sinaga saat ini dipercaya untuk masuk dalam skuat Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ini sudah cukup membuktikan bahwa Ferdinand Sinaga merupakan penyerang lokal yang masih ganas di depan gawang lawan.

Meski nantinya Ferdinand Sinaga akan tersisih dari skuat PSM, tentunya bukan karena dirinya kalah saing atau kurang berkualitas. Akan tetapi, karena dirinya pantas mendapatkan menit bermain yang lebih banyak di klub lain.

Terbuang atau tidaknya Ferdinand Sinaga tentunya hanya bisa terjawab hingga kompetisi Liga 1 2019. Karena semua keputusan ada di tangan pelatih Kalezic dan manajemen Juku Eja.