In-depth

Adu Statistik Top Skor Timnas Indonesia dan Thailand, Siapa Paling Menonjol?

Senin, 9 September 2019 17:04 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Andik Vermansah, Beto Goncalves dan Irfan Bachdim merayakan gol ke gawang Vanuatu di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Andik Vermansah, Beto Goncalves dan Irfan Bachdim merayakan gol ke gawang Vanuatu di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM - Perbandingan statistik antara top skor Timnas Indonesia vs Thailand jelang kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa (09/09/19) mendatang, siapa yang paling menonjol?

Dalam matchday kedua kualifikasi Piala Dunia zona Asia sore besok, Timnas Indonesia sebagai tuan rumah diwajibkan meraih kemenangan atas Thailand demi menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

Terlebih di pertandingan pertama lalu Timnas Indonesia secara mengejutkan mampu dikalahkan Malaysia dengan skor tipis 2-3, kekalahan tersebut pun membuat skuat Garuda terdampar di dasar klasemen dengan raihan nol poin.

Langkah Merah-Putih untuk meraih kemenangan sejatinya tak terlalu berat, apalagi jika melihat data pertemuan terakhir Indonesia vs Thailand yang berlangsung di Indonesia, di mana tim Gajah Putih tak pernah meraih kemenangan.

Tercatat pertandingan kandang terakhir Timnas Indonesia kontra Thailand terjadi dalam leg pertama final Piala AFF 2016, di pertandingan tersebut Lilipaly CS berhasil meraih kemenangan tipis 2-1.

Jelang pertandingan sengit yang bakal berlangsung di Gelora Bung Karno nanti, menarik untuk melihat perbandingan statistik para pemain dari kedua kesebelasan.

Berikut INDOSPORT.COM coba mengulas dan merangkum perbandingan statistik antara top skor Timnas Indonesia vs Thailand, siapakah yang paling tajam dan dapat memberikan kejutan di laga nanti?

Timnas Indonesia
Mungkin dalam beberapa pertandingan terakhir Timnas Indonesia sosok Beto Goncalves yang paling mengesankan, bahkan di laga pembuka kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Malaysia kemarin ia sukses mencetak dua gol.

Namun melansir dari laman transfermakt, diketahui jika pemain naturalisasi asal Brasil tersebut bukanlah top skor Timnas Indonesia yang ada di skuat Simon McMenemy saat ini.

Top skor Timnas senior Indonesia yang tampil di kualifikasi Piala Dunia 2022 kali ini adalah Irfan Bahcdim, di mana penyerang asal Bali United tersebut telah mengoleksi 11 gol dari 36 caps, sementara Beto Goncalves baru mencetak 10 gol dari 9 pertandingan.

Jumlah gol Beto Goncalves untuk Indonesia sejatinya ada 18, namun delapan gol yang ia cetak terjadi saat membela Timnas U-23 di ajang Asian Games tahun 2018 lalu.

Irfan Bachdim sendiri memang dikenal sebagai salah satu penyerang berbahaya di lini depan Timnas Indonesia, sayangnya ketajaman Bachdim tak pernah menular ketika ia mentas bersama skuat Garuda di kompetisi internasional.

Total dari 11 gol yang dicetak Bachdim, hanya dua yang dilesakkan dalam kompetisi resmi yakni ke gawang Malaysia serta Laos di ajang Piala AFF tahun 2010 silam.

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Irfan Bachdim merayakan gol di dalam gawang Semen Padang. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTIrfan Bachdim merayakan gol di dalam gawang Semen Padang.

Sementara sisanya ia cetak saat memperkuat Timnas Indonesia di pertandingan persahabatan, dan gawang-gawang yang ia bobol pun hanya Timnas tingkat ASEAN seperti hattrick ke gawang Brunei, brace ke gawang Vietnam serta masing-masing satu gol ke jala Malaysia dan Kamboja.

Mungkin satu-satunya lawan kuat yang berhasil dibobol Irfan Bahcdim adalah Timnas Qatar, dalam pertandingan yang berlangsung di Saoud bin Abdulrahman Stadium, Al Wakrah, Qatar tersebut ia mencetak satu gol dan membuat laga berakhir imbang 2-2.

Pada kompetisi lokal Liga 1 ketajaman Irfan Bachdim tak kalah mentereng, meski musim ini jarang tampil penuh namun selama tiga musim memperkuat Bali United Bachdim telah sukses mencetak 12 gol dan 12 assist dalam 70 penampilan.

Berbekal ketajaman serta akurasi umpan yang kerap ia lepaskan bersama Bali United, kehadiran Irfan Bachdim diharapkan mampu memberikan perubahan bagi Timnas di laga kontra Thailand nanti dan tentu membawa Merah-Putih meraih kemenangan perdana.