In-depth

3 Alasan Mengapa Timnas Indonesia Bisa Hancurkan Thailand

Selasa, 10 September 2019 07:25 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Indonesia vs Thailand. Copyright: © INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Indonesia vs Thailand.

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia akan menjalani pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand, Selasa (10/09/19) malam WIB. Berikut 3 alasan kuat Timnas Indonesia bisa hancurkan Thailand malam nanti.

Nantinya, pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand ini akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno. Sejumlah pendukung Timnas Indonesia pun sangat berharap jika tim kesayangannya mampu melupakan hasil negatifnya beberapa hari lalu.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia baru saja menelan kekalahan 2-3 atas Malaysia di pertandingan perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran kedua, Kamis (05/09/19). Hasil minor itu tentunya diharapkan tak terjadi lagi pada laga melawan Thailand nanti.

Meski menelan kekalahan pada pertandingan terakhir, Timnas Indonesia nyatanya berpeluang besar untuk menghancurkan Thailand malam nanti. Berikut INDOSPORT merangkum 3 alasan mengapa Timnas Indonesia bisa memenangkan pertandingan melawan Thailand.

Thailand Tak Pernah Menang

© bangkokpost.com
Pemain Timnas Thailand, Tristan Do. Copyright: bangkokpost.comPemain Timnas Thailand, Tristan Do.

Thailand nyatanya memiliki catatan cukup buruk jelang pertandingan melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Bagaimana tidak, Thailand tak pernah menorehkan kemenangan dalam empat pertandingan terakhirnya.

Catatan buruk mereka dimulai ketika dibantai habis Uruguay 1-4 di ajang China Cup 2019 (25 Maret). Setelah itu mereka juga tumbang 0-1 di tangan Vietnam saat menjalani ajang King’s Cup 2019 (5 Juni).

Masih dari ajang yang sama, Thailand juga kembali menelan kekalahan 0-1 saat berhadapan dengan India. Catatan buruk mereka juga berlanjut saat hanya bermain imbang 0-0 atas Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Duni 2022.

Timnas Indonesia seharusnya bisa memanfaatkan situasi buruk yang dialami Thailand dalam beberapa pertandingan terakhir ini. Terlebih semangat para pemain akan bertambah saat didukung langsung oleh ribuan suporter.

Para Penyerang Thailand Mandul

© bolasport
Supachok Sarachat generasi muda Timnas Thailand Copyright: bolasportSupachok Sarachat generasi muda Timnas Thailand.

Alasan kedua yang membuat Timnas Indonesia bisa memenangkan pertandingan nanti adalah mandulnya lini serang serang Thailand. Itu terbukti ketika Thailand tak mampu mencetak satupun gol dari empat laga terakhir.

Saat mennjalani beberapa ajang seperti China Cup 2019 dan King’s Cup 2019, Thailand sama sekali tidak memperlihatkan statusnya sebagai Raja Asia Tenggara. Lini serang mereka justru melempem saat berhadapan dengan wakil Asia lainnya.

Dengan buruknya penampilan lini serang Thailand ini, Timnas Indonesia kemungkinan besar akan mencatatkan clean sheet di lagan anti. Tentunya hal itu tidak bisa diraih jika permain bertahan Timnas Indonesia tak bermain kompak dan disiplin.

Bermain di Depan Suporter Indonesia

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Antusias suporter di tribun Stadion Utama Gelora Bung Karno menyaksikan laga uji coba Timnas Indonesia Senior melawan Vanuatu, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAntusias suporter di tribun Stadion Utama Gelora Bung Karno menyaksikan laga uji coba Timnas Indonesia Senior melawan Vanuatu, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

Terakhir, faktor tuan rumah menjadi alasan kuat Timnas Indonesia bisa menghancurkan Thailand. Karena dalam dua pertandingan kandang terakhir, Timnas Indonesia selalu bisa meraih kemenangan.

Itu terjadi pada final Piala AFF 2016 lalu, di mana Timnas Indonesia mampu menang di leg pertama dengan skor 2-1. Sekedar informasi, pertandingan puncak Piala AFF 2016 itu dimainkan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Sebelumnya, Timnas Indonesia juga berhasil menumbangkan Thailand ketika bermain di Stadion Gelora Bung Karno. Pada ajang Piala AFF 2020, Tim Garuda sukses menumbangkan Gajah Putih dengan skor 2-1.

Beberapa pemain Thailand pun mengakui bahwa atmosfer suporter Indonesia sangat berbahaya. "Bagi saya, Indonesia bukan lawan biasa. “Mereka akan bermain di kandang dan banyak suporter yang akan memberikan dukungan juga,” kata Siwarak Tedsungnoen di laman resmi FA Thailand.

Selain itu, gelandang Thailand, Tanaboon Kesarat juga membenarkan bahwa timnya sangat sulit memenangkan pertandingan atas Timnas Indonesia. “Kami mengakui bahwa Thailand sulit meraih kemenangan di Indonesia,” ujarnya, dikutip dari Zing.vn.