Liga Indonesia

Jelang Debut, Joan Tomas Bawa Bayang-bayang Rekor Buruk Buat Persija Jakarta

Selasa, 10 September 2019 15:32 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Perkenalan pemain baru Persija Jakarta Joan Tomas Campasol oleh CEO Persija, Ferry Paulus. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Perkenalan pemain baru Persija Jakarta Joan Tomas Campasol oleh CEO Persija, Ferry Paulus.

INDOSPORT.COM - Jelang menjalani debut bersama Persija Jakarta, yang kemungkinan saat melawan Persipura Jayapura, Joan Tomas membawa bayang-bayang rekor buruk.

Dua pemain asing baru Persija Jakarta, Xandao dan Joan Tomas berpeluang besar menjalani debut menghadapi Persipura Jayapura, Rabu (11/09/10).

Masuknya kedua pemain yang malang melintang di kompetisi sepak bola Eropa, secara langsung tentu berpotensi menambah kekuatan tim berjuluk Macan Kemayoran di laga nanti.

Namun meski memiliki rekam jejak karier yang menjanjikan, bukan jaminan dua pemain asing baru Persija Jakarta itu bisa langsung menghadirkan kemenangan di laga tunda Liga 1 2019 melawan Persipura Jayapura itu nanti.

Apa lagi jika melihat catatan yang dimiliki Joan Tomas. Pemain berpaspor Spanyol itu justru datang dengan membawa bayang-bayang rekor buruk, yang sangat mungkin terulang di laga Persipura Jayapura vs Persija Jakarta.

Catatan rekor seperti apa, berikut INDOSPORT menjabarkan.

Rekor Debut Joan Tomas

Menjadi bayang-bayang buruk buat Persija Jakarta, karena Joan Tomas datang ke Tenggarong tempat pertandingan kontra Persipura Jayapura berlangsung dengan rekor buruk di setiap laga debutnya bersama beberapa klub.

Diawali ketika menjalani debut senior di U.E. Lleida, Joan Tomas harus langsung merasakan tersingkir di fase kedua Copa del Rey 2006/07.

Pindah ke Alicante FC debut manis berhasil dirasakan Joan Tomas di Divisi Tiga Liga Spanyol, dengan menang away 2-1 melawan Eivissa-Ibiza.

Setelahnya kekalahan dalam laga debut kembali harus dirasakan saat dirinya naik kelas ke LaLiga Spanyol bersama Villareal. Joan Tomas harus rela merasakan kekalahan telak di kandang Deportivo de La Coruna dengan skor 0-3, (01/02/09).

Selanjutnya saat turun kasta ke tim kedua Villareal. Meski cukup menjadi andalan di LaLiga 2, Joan Tomas harus puas menyudahi debutnya dengan hanya meraih hasil imbang 2-2 melawan Levante (29/08/09).

Hijrah ke Celta Vigo setahun berselang, debut berujung pahit juga harus dirasakan Joan Tomas. Melawan tim B Barcelona di LaLiga 2 2010/11, dirinya harus mengalami kekalahan tipis 1-2 (28/08/09).

Nasib baik baru kembali dirasakan Joan Tomas ketika dirinya menjalani debut usai hijrah ke AEK Larnaca di Liga Cyprus 2012/13. Pemain berposisi gelandang serang itu berhasil membawa timnya menang dengan skor meyakinkan 2-0 atas Olympiakos Nicosia meski bermain tandang.

Pindah ke Pas Lamina di Liga Yunani, debut manis kembali dirasakan Joan Tomas ketika dirinya berhasil mengalahkan klub besar Panathinaikos di babak 16 besar Piala Liga (10/01/19).

Dengan mayoritas kekalahan di laga debutnya, Persija Jakarta pantas was-was dengan penampilan Joan Tomas nanti. Apa lagi Macan Kemayoran sendiri sedang berada dalam kondisi yang tak cukup menjanjikan.

Satu yang menjadi harapan, dengan laga tandang di tempat netral, kemampuan Joan Tomas bisa langsung keluar maksimal tanpa tekanan, dan kembali menghadirkan kemenangan debut, seperti yang dilakukannya di dua klub terakhir.