Bola Internasional

Lawan Thailand di GBK, Jadi Kutukan Buat Timnas Indonesia?

Selasa, 10 September 2019 12:36 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Suporter Timnas Indonesia membuat mozaik yang membentuk tulisan. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Suporter Timnas Indonesia membuat mozaik yang membentuk tulisan.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (10/09/19).

Dengan posisi Timnas Indonesia yang baru saja dikalahkan Malaysia di laga kandang sebelumnya, lawan Thailand akan jadi pertaruhan besar buat tim yang dipimpin pelatih Simon Mcmenemy nanti.

Apa lagi, bukan hanya akan berdampak buruk buat posisi Timnas Indonesia di klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia. Jika sampai kalah melawan Thailand nanti, Indonesia secara langsung juga akan menambah catatan buruk ketika menjamu lawannya itu di GBK, dalam pertemuan Timnas senior kedua negara.

Sejauh ini catatan menang Timnas Indonesia hanya 25 dan kalah 38 kali dari total 77 pertemuan sepanjang sejarah. Sejak tahun 1997 Indonesia justru hanya sekali menang atas Thailand ketika bertanding di Stadion GBK.

Sebaliknya, Tim Gajah Putih justru sudah tiga kali mampu meraih kemenangan ketika bermain di stadion terbesar milik Indonesia itu.

Thailand mampu meraih kemenangan tersebut di final ASEAN GAmes 1997 yang saat itu belum ada batasan usia pemain, dalam adu penalti 4-2. Setelahnya di Final Piala AFF 2002, lewat adu penalti berkesudahan 4-2, Thailand juga kembali mampu mengalahkan Indonesia.

Terakhir di Semifinal Piala AFF 2008, Tim Gajah Putih membuat publik GBK tertunduk lesu dengan kemenangan tipisnnya atas Timnas Indonesia, dengan skor 0-1.

Sementara, satu-satunya kemenangan Indonesia atas Thailand di GBK, terjadi pada babak penyisihan Piala AFF 2010. Berkat dua gol Bambang Pamungkas, skor akhir menjadi 2-1.

Timnas Indonesia sendiri sebenarnya pernah sekali lagi mengalahkan Thailand di laga kandang. Yakni pada Piala AFF 2016 dengan skor 2-1. Tapi kemenangan itu bukan terjadi di GBK, melainkan Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.