Liga Inggris

Man City Jadi Klub Miliader Pertama dalam Sejarah Sepak Bola Dunia

Selasa, 10 September 2019 17:14 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Twitter @ManCity
Skuat Manchester City merayakan gol ke gawang Bournemouth, Minggu (25/08/19). Copyright: © Twitter @ManCity
Skuat Manchester City merayakan gol ke gawang Bournemouth, Minggu (25/08/19).

INDOSPORT.COM – Klub papan atas Liga Inggris, Manchester City, telah mengukuhkan diri sebagai klub pertama yang memiliki skuat miliaran euro dalam sejarah sepak bola dunia.

Dilansir dari Sportbible, data dari IES Football Observatory menunjukkan bahwa Manchester City menghabiskan 1.014 juta euro atau setara Rp15 triliun untuk membangun skuat mereka di musim 2019/20.

Lima pemain termahal mereka saat ini yakni Kevin De Bruyne senilai 68,3 juta  pounds (Rp1,1 triliun), Rodri senilai 63 juta pounds (Rp1,09 triliu), Riyad Mahrez senilai 61 juta pounds (Rp1,05 triliun), Joao Cancelo dan Aymeric Laporte senilai masing-masing 58,4 juta pounds (Rp1,01 triliun).

Kelima pemain itu masih ditambah tiga pemain lainnya yakni Raheem Sterling senilai 57,3 juta pounds (Rp992 miliar), Sergio Aguero dan Fernandindho masing-masing senilai 36 juta pounds (Rp623 miliar).

Ketiga pemain tersebut disinyalir memiliki nilai yang lebih mahal mengingat performa mereka yang sangat bagus bersama klub sejak bergabung.

Status Manchester City tersebut jauh mengungguli raksasa Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain, yang dikenal sebagai klub terkaya. Meski dikenal jor-joran saat membeli pemain, PSG hanya memiliki skuat senilai 913 juta euro atau setara Rp14 triliun,

© Sportbible/IES Football Observatory
Manchester City puncaki daftar skuat paling bernilai miliaran rupiah dalam sejarah sepak bola dunia, Copyright: Sportbible/IES Football ObservatoryManchester City puncaki daftar skuat paling bernilai miliaran rupiah dalam sejarah sepak bola dunia,

PSG saat ini hanya memiliki tiga pemain termahal di dunia, yakni Neymar, yang mereka beli dari Barcelona pada musim panas 2017 dengan nilai rekor dunia senilai 199 juta pounds (Rp3 triliun). Kemudian ada Kylian Mbappe senilai 121 juta pounds dan Edinson Cavani sebesar 58 juta pounds.

Selain itu, Manchester City berhasil mengalahkan klub terboros di dunia, Real Madrid, yang hanya memiliki nilai 902 juta euro (Rp13 triliun) untuk skuat mereka saat ini. Barcelona bahkan hanya menempati urutan keenam dengan 697 juta pounds atau Rp10 triliun.

Melihat nilai pasukan tim besutan Pep Guardiola, menarik untuk dilihat apakah Sergio Aguero dan rekan-rekan mampu menorehkan prestasi yang lebih baik di musim ini.

Tentunya mereka diharapkan bisa memenangkan Liga Champions 2019/20 selain juga mempertahankan gelar treble liga domestik mereka di musim lalu, yakni Liga Inggris, Piala Liga Inggris dan Piala FA.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%