Bola Internasional

Protes Larangan ke Stadion, Fan Wanita Asal Iran Bakar Diri Hingga Tewas

Rabu, 11 September 2019 11:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Bleacher Report
Para wanita penggemar sepak bola di Iran dilarang menonton pertandingan di stadion. Copyright: © Bleacher Report
Para wanita penggemar sepak bola di Iran dilarang menonton pertandingan di stadion.

INDOSPORT.COM – Kabar duka menyelimuti dunia sepak bola. Seorang wanita asal Iran tewas usai membakar dirinya sendiri sebagai bentuk protes atas larangan kaum hawa menonton sepak bola di stadion.

Dilansir dari laman ABC, Sahar Khodayari, seorang penggemar meninggal dunia di rumah sakit awal pekan ini setelah mengalami luka bakar 90 persen di sekujur tubuhnya.

Khodayari yang dikenal dengan julukan ‘Blue Girl’ atas kecintaannya pada salah satu tim sepak bola di Iran, Esteghlal, membakar dirinya di luar pengadilan, usai menerima dakwaan karena nekat memasuki stadion.

Dakwaan tersebut bermula ketika dia tertangkap mengenakan rambut palsu dan mantel demi bisa menyaksikan tim kesayangannya menghadapi tim dari Uni Emirat Arab, Al-Ain, pada Laga Liga Champions Asia bulan Maret lalu.

Dirinya pun didakwa hukuman penjara maksimum enam bulan lantaran telah menentang peraturan yang melarang kaum wanita menyaksikan pertandingan sepak bola. Peraturan ini telah berlaku sejak Revolusi Islam 1979 di negara tersebut.

Larangan itu sendiri sejatinya sudah ditentang oleh banyak pihak, tak terkecuali Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), sejak Piala Dunia Rusia tahun lalu.

FIFA mengklaim larangan Iran terhadap penggemar wanita sudah melanggar kode etik FIFA sendiri yang secara khusus melarang diskriminasi atas dasar gender.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%