In-depth

Cedera Lionel Messi Hal yang Patut Barcelona Syukuri

Sabtu, 14 September 2019 08:45 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Matthias Hangst/GettyImages
Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona. Copyright: © Matthias Hangst/GettyImages
Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona.

INDOSPORT.COM - Lionel Messi masih belum bisa memperkuat Barcelona akibat cedera. Semakin lama megabintang asal Argentina itu comeback, maka semestinya Blaugrana mesti kian bersyukur. Mengapa demikian?

Barcelona telah kehilangan Messi sejak pekan perdana LaLiga Spanyol musim 2019/20 gara-gara cedera kaki.

Artinya, Messi telah melewatkan partai melawan Athletic Bilbao (16/8/19), Real Betis (25/8/19), dan Osasuna (31/8/19).

Jumlah partai tanpa Messi sepertinya harus bertambah. Dalam jumpa pers menjelang pertandingan LaLiga kontra Valencia yang dijadwalkan pada Minggu (15/9/19) dini hari WIB, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, memastikan sang kapten tim kembali menepi.

Malah, media Spanyol AS mengklaim bahwa Messi baru bisa merumput kembali pada pertandingan melawan Granada di LaLiga yang akan dilangsungkan pada Minggu (22/9/19) dini hari WIB.

Tanpa pemain sehebat Messi, Barcelona sempat memperlihatkan diri bak macan ompong ketika kalah dari Bilbao 0-1 di pekan pembuka LaLiga 2019/20.

Meski demikian, masa-masa tanpa Messi ini seharusnya disyukuri oleh Barcelona. Sudah saatnya mereka belajar hidup tanpa pemain berusia 32 tahun itu.

© Twitter/@Bleacher_Report
Ansu Fati merayakan gol pada laga Osasuna vs Barcelona di LaLiga Spanyol 2019-2020, Sabtu (31/08/19). Copyright: Twitter/@Bleacher_ReportAnsu Fati merayakan gol pada laga Osasuna vs Barcelona di LaLiga Spanyol 2019-2020, Sabtu (31/08/19).

Pasalnya, kontrak Messi di Barcelona bakal usai pada pertengahan 2021. Hingga saat ini, belum ada pembicaraan mengenai pembaharuan perjanjian.

Baru-baru ini, Messi sesungguhnya menekankan kesetiaannya pada Barcelona dengan menyatakan ingin lebih lama mengabdi di klub itu.

"Saya sudah berulang kali mengatakan bahwa Barcelona rumah saya. Saya ingin di sini selama mungkin. Bagi saya, uang tidak berarti apa-apa. Yang paling memotivasi saya ialah memiliki tim juara," ujar Messi.

Kendati begitu, peluang perpisahan terjadi tentu saja ada. Bahkan, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengizinkan Messi pergi di musim panas 2020.

Sikap Bartomeu bak sinyal bahwa Barcelona sudah punya niat untuk memulai hidup tanpa Messi.

Belum Bermasalah
Sejauh ini, Barcelona sesungguhnya memperlihatkan diri bisa hidup tanpa Messi untuk sementara.

Memang, dari segi hasil akhir pertandingan, Barca seolah-olah merindukan Messi gara-gara raihan 1 menang, 1 seri, dan 1 kalah di tiga laga perdana LaLiga 2019/20.

Akan tetapi, dari segi mencetak gol, Barca justru cukup produktif dengan mengemas tujuh gol dari tiga pertandingan. Mereka menjadi tim tertajam di LaLiga saat ini, bersama Granada dan Villarreal.

Masalah terbesar Barcelona justru pada lini belakang yang telah kemasukan empat gol. Semua kebobolan tersebut tercipta di 10 menit akhir pertandingan. 

Ujian Sesungguhnya
Apabila prediksi tepat, Messi dapat bermain lagi melawan Granada. Artinya, ada jarak dua pertandingan lagi sebelum comeback terjadi yang justru ujian sesungguhnya untuk para pemain menyerang Barcelona.

Pertandingan melawan Valencia dipastikan tidak mudah. Ada dua alasan. Pertama, Barcelona cuma meraih dua seri dan satu kekalahan dalam tiga pertemuan terakhir!

Alasan kedua, Lionel Messi satu-satunya pemain Barcelona yang menjebol gawang Valencia ketika seri 1-1 (8/10/18), imbang 2-2 (3/2/19), dan kalah 1-2 (26/5/19).

Lalu, ada matchday pembuka Liga Champions 2019/20 di kandang Borussia Dortmund. Kedua tim belum pernah bertemu sebelumnya, sehingga Barcelona akan membutuhkan pahlawan demi membawa pulang tiga poin ke Camp Nou.

Apabila mampu melewati dua ujian tersebut dengan sempurna, maka Barcelona boleh dikatakan sudah siap untuk mengarungi hidup tanpa seorang Lionel Messi.