Bola Internasional

Striker Mandul, Pelatih Timnas Thailand Salahkan Klub-klub di Liga Lokal

Sabtu, 14 September 2019 10:25 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Akira Nishino, pelatih Timnas Jepang dalam konferensi pers pra laga Jepang vs Kolombia di Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Akira Nishino, pelatih Timnas Jepang dalam konferensi pers pra laga Jepang vs Kolombia di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Timnas Thailand mengawali dua laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan apik. Mereka imbang 0-0 atas Vietnam dan menang 3-0 atas Indonesia.

Torehan itu membuat Thailand yang kini mengantongi empat poin dari dua pertandingan berhasil bercokol di puncak klasemen Grup G.

Namun, performa itu belum membuat Akira Nishino selaku pelatih Thailand merasa puas. Sebab, dari dua pertandingan, striker skuat Gajah Perang yang diisi oleh Supachai Jaided tak kunjung mencetak gol.

Tiga gol Thailand saat ini disumbangkan oleh Supachok Sarachat yang berposisi gelandang dan Theerathon Bunmathan yang beroperasi sebagai fullback kiri.

Akira Nishino enggan menyalahkan Supachai Jaided atas buntunya mesin gol. Ia lebih memilih menyalahkan klub-klub Thailand yang jarang memberi kesempatan striker lokal untuk bermain.

"Alasan saya hanya memilih satu striker dalam tim karena striker lokal Thailand jarang bermain di liga," kata Akira Nishino, dikutip dari Bangkok Post.

"Saya mendesak klub domestik untuk memberikan lebih banyak waktu bermain kepada striker Thailand. Jika ini terjadi, maka mungkin ada lebih banyak striker di timnas Thailand," lanjutnya.

"Saya ingin striker Thailand berjuang untuk mendapatkan tempat di starting line-up tim masing-masing, tetapi klub juga harus terbuka untuk memberi mereka lebih banyak peluang. Ini semua demi tim nasional masa depan," imbuhnya.

Thailand sejatinya memiliki dua striker senior yang 'mengerikan', yakni Teerasil Dangda dan Adisak Kraisorn. Namun, kedua pemain itu saat ini tengah cedera.