Liga Champions

Duel Per Lini Liga Champions 2019/20: Borussia Dortmund vs Barcelona

Selasa, 17 September 2019 18:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Prediksi Borussia Dortmund vs Barcelona. Copyright: © INDOSPORT
Prediksi Borussia Dortmund vs Barcelona.

INDOSPORT.COM - Jelang laga perdana Grup F Liga Champions 2019/20 antara Borussia Dortmund vs Barcelona tampaknya tak ada salahnya untuk melihat duel per lini.

Pertandingan Borussia Dortmund vs Barcelona bakal berlangsung di Signal Iduna Park, Jerman, Rabu (18/09/19), pukul 02.00 dini hari WIB.

Pertandingan nanti bukanlah yang pertama bagi kedua tim. Lantaran jauh sebelumnya, mereka sempat bertemu di ajang internasional resmi.

Pertemuan tersebut terjadi di ajang UEFA Super Cup 1998 (sebelum berubah menjadi Liga Champions). Dalam dua pertandingan tersebut Dortmund tak bisa menang.

Di leg pertama, pada Januari 1998, Barcelona menang 2-0 atas Dortmund. Lalu pada leg kedua, Maret 1998, Dortmund bermain imbang 1-1 dari Barcelona.

Dortmund tampaknya bakal menjaga tren positif yang mereka raih sejauh ini di Bundesliga Jerman. Hal serupa juga tampaknya bakal dilakukan Barcelona.

Bahkan seluruh pemain andalan dari masing-masing klub diprediksi siap untuk ditampilkan agar bisa memenangkan pertandingan di pekan pembuka Liga Champions 2019/20.

Sebelum menyaksikan pertandingan Borussia Dortmund vs Barcelona, alangkah baiknya untuk melihat duel per lini yang akan menjadi kekuatan dan kunci permainan keduanya.

Kiper: Roman Burki vs Marc-Andre ter Stegen

© INDOSPORT
Marc-Andre ter Stegen berselebrasi. Copyright: INDOSPORTKiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen berselebrasi.

Borussia Dortmund tampaknya bakal menurunkan kiper andalan, yakni Roman Burki pada laga nanti. Mengingat Burki memiliki dua kemampuan andalan, yakni shot stopping dan saving close range shots (berdasarkan Whoscored).

Meski begitu Burki telah kebobolan sebanyak empat kali dan satu clean sheet (nirbobol) dalam tiga pertandingan di Bundesliga Jerman 2019/20.

Sementara itu Marc-Andre ter Stegen telah kebobolan sebanyak tujuh kali dan tak sekalipun clean sheet (nirbobol) dalam empat laga di LaLiga Spanyol 2019/20.

Kendati demikian, Barcelona mempunyai kiper tangguh dalam hal concentration, shot stopping (reflexes), dan saving long shots seperti tertera laman Whoscored.

Bek: Mats Hummels vs Gerard Pique

© JOE GILGUN/GETTY IMAGES
Mats Hummels Copyright: JOE GILGUN/GETTY IMAGESBek Borussia Dortmund Mats Hummels.

Di posisi bek, Dortmund tampaknya masih mempercayakan seorang Mats Hummels dalam mengomandoi barisan pertahanan dari serangan lawan.

Dalam empat laga di Bundesliga Jerman 2019/20, Hummels telah membuat dua tekel sukses, dua interceptions, 3,3 sapuan, dan mendapat rating hingga 7,22 dari Whoscored.

Sedangkan Barcelona diprediksi siap untuk menurunkan bek andalan mereka, yakni Gerard Pique untuk menghalau segala upaya dalam serangan lawan.

Pique sendiri sudah membuat 2,5 sapuan, 1,5 tekel sukses, hingga 0,5 blok dalam empat laga di LaLiga Spanyol 2019/20 berdasarkan Whoscored.

Gelandang: Jordan Sancho vs Frankie de Jong

© Twitter/@FCBarcelona
Aksi Frenkie de Jong pada laga Osasuna vs Barcelona di LaLiga Spanyol 2019/20, Sabtu (31/08/19). Copyright: Twitter/@FCBarcelonaAksi Frenkie de Jong pada laga Osasuna vs Barcelona di LaLiga Spanyol 2019/20, Sabtu (31/08/19).

Bicara pos gelandang, tampaknya Dortmund bisa menurunkan Jadon Sancho untuk mendobrak lini belakang pertahanan tim tamu kali ini.

Sancho merupakan pemain bertipe yang suka menggiring bola, menusuk ke dalam area penalti, dan nyaman memainkan bola-bola pendek atau datar.

Barcelona pun bakal menampilkan gelandang anyar Frankie de Jong untuk mengatur tempo permainan dan serangan dalam membongkar pertahanan lawan.

Dalam empat laga di LaLiga Spanyol, Frankie de Jong mampu membuat satu asis dan gol, 1,3 operan kunci, hingga akurasi operan sukses mencapai 95,3 persen, serta mendapat rating 7,21 dari Whoscored.

Striker: Paco Alcacer vs Lionel Messi

© Google.com
Paco Alcacer Selebrasi Copyright: Google.comStriker Borussia Dortmund Paco Alcacer.

Untuk urusan striker Dortmund tampaknya siap untuk menurunkan Paco Alcacer. Mengingat sang pemain pernah berkiprah untuk lawan kali ini.

Alcacer sendiri telah membuat lima gol dari empat laga di Bundesliga Jerman 2019/20. Bahkan kinerjanya itu mendapat nilai hingga 7,82 dari Whoscored.

Untuk Barcelona diprediksi siap memainkan Lionel Messi sejak awal pertandingan usai sembuh dari cedera. Kesiapan Messi bakal tampil dipertegas oleh pelatih Valverde.

Terlebih Messi merupakan roh permainan dari Barcelona. Kemampuannya dalam membongkar pertahanan lawan tak perlu diragukan lagi.