Liga Indonesia

Tak Bisa Move On, Ini 6 Pemain Asing yang CLBK dengan Liga 1 2019

Selasa, 17 September 2019 15:33 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Liga 1 2019 tampaknya memiliki daya tarik tersendiri hingga mampu menarik sejumlah pemain asing yang telah pergi untuk CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) lagi dan bermain sepak bola Indonesia.

Bursa transfer paruh musim Liga 1 2019 baru saja rampung tadi malam yang artinya sesuai regulasi tidak akan ada lagi aktifitas jual beli pemain setelah ini. Jika kita melihat dari bursa transfer sejak awal musim Liga 1, ternyata ada sejumlah catatan menarik.

Salah satunya adalah kembalinya sejumlah pemain asing yang sempat meninggalkan kompetisi sepak bola Indonesia ke Liga 1 2019. Fenomena ini menjadi menarik karena ternyata para pemain asing itu tak bisa move on sehingga memilih kembali ke Liga 1.

Setidaknya ada 6 pemain yang diketahui kembali ke Liga 1 untuk musim ini setelah melalui petualangan di klub luar negeri. Siapa sajakah keenam pemain yang tak bisa move on dengan kompetisi Liga 1 2019?

Sylvano Comvalius

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Sylvano Comvalius membentangkan syal Arema FC saat perkenalannya di Kantor Arema, Rabu (24/04/19). Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSylvano Comvalius membentangkan syal Arema FC saat perkenalannya di Kantor Arema, Rabu (24/04/19).

Pertama ada penyerang Arema FC, Sylvano Comvalius yang sebelumnya memperkuat Bali United pada Liga 1 2017. Bersama Bali United, Sylvano Comvalius berhasil mencetak rekor setelah jadi top skor dengan torehan 37 gol dalam 34 laga.

Gagal mengantarkan Bali United jadi juara Liga 1 2017, Comvalius pun akhirnya memilih hengkang meninggalkan Indonesia. Comvalius sempat diketahui bergabung dengan klub Thailand, Suphanburi dan tim Malaysia, Kuala Lumpur FA.

Namun hanya mencetak satu gol dalam 12 laga bersama dua klub itu membuat Comvalius pergi lagi dan Liga 1 menjadi destinasi berikutnya. Arema FC yang tahu kalau Comvalius mau CLBK (cinta lama bersemi kembali) dengan Liga 1, langsung merekrutnya di awal musim.

Willian Pacheco

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi Willian Pacheco setelah menjebol gawang Arema FC dalam laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Sabtu (24/08/2019). Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTSelebrasi Willian Pacheco setelah menjebol gawang Arema FC dalam laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Sabtu (24/08/2019).

Jakmania pernah benar-benar bersedih saat Persija Jakarta harus kehilangan Willian Pacheco yang pergi dari Liga 1 usai tampil impresif pada edisi 2017. Di musim selanjutnya, Pacheco pun memilih meninggalkan Indonesia untuk bergabung bersama klub Malaysia, Selangor FA.

Akan tetapi hanya setahun di Malaysia membuatnya rindu akan Indonesia sehingga membuatnya memilih kembali ke Liga 1. Namun bukan Persija Jakarta klub yang ia tuju, melainkan Bali United yang mana di sana ada mantan pelatihnya, Stefano Cugurra Teco.

Sekembalinya ke Liga 1, Pacheco langsung menjadi batu karang tangguh bagi Bali United dengan menjadi pemuncak klasemen sementara. Saat bersama Persija, Pacheco gagal mempersembahkan gelar, tapi kini tampak ia siap untuk Bali United.