Bola Internasional

Melacak 2 Pemain Muda Liga Belanda yang Bisa Dinaturalisasi untuk Masa Depan Timnas Indonesia

Rabu, 18 September 2019 14:44 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© ivar.jenner
Ivar Jenner dan Tristan Gooijer. Copyright: © ivar.jenner
Ivar Jenner dan Tristan Gooijer.

INDOSPORT. COM - Dua pemain muda Liga Belanda nampaknya ada yang bisa dinaturalisasi oleh PSSI untuk mencerahkan masa depan Timnas Indonesia.

Sudah menjadi fenomena wajar, apabila ada pemain sepak bola keturunan Indonesia yang merumput di Eropa. Sebut saja nama tenar seperti Radja Nainggolan dan Emil Audero Mulyadi, yang saat ini tengah menapaki kesuksesan karier di kancah Serie A Italia.

Namun, Radja Nainggolan dan Emil Audero tidak memilih Indonesia sebagai negara yang dibela di kancah internasional. Nainggolan memutuskan membela Belgia, dan Emil lebih senang berseragam Timnas Italia.

Jika kasus Nainggolan serta Emil tak mau terulang, PSSI jelas harus menelusuri lebih jauh lagi terkait pemain muda keturunan Indonesia di Eropa. Kebetulan, ada dua pemain muda berdarah Indonesia yang kini menghiasi kancah Liga Belanda dan bisa dipantau PSSI.

Kedua pemain muda tersebut masih berusia sangat muda, yakni 15 tahun. Keduanya juga tengah menimba ilmu di akademi muda klub top Belanda, sehingga diyakini memiliki potensi menjanjikan untuk masa depan Timnas Indonesia.

Lalu, siapakah dua pemain muda keturunan Indonesia yang dimaksudkan itu? INDOSPORT mencoba membuat rangkumannya ke dalam ulasan singkat berikut.

Ivar Jenner

Ivar Jenner merupakan pemain kelahiran Belanda yang saat ini tengah menjalani karier bersama tim Liga Belanda, FC Utrecht. Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar, dipercaya untuk membela FC Utrecht di level U-16.

Usut punya usut, Ivar Jenner ternyata punya darah keturunan Indonesia yang mengalir di dalam tubuhnya. Situs Transfermarkt saja menuliskan status kewarganegaraan Ivar Jenner dengan dua bendera, yakni Belanda dan Indonesia.

Ivar Jenner sendiri juga mengamini hal tersebut. Menurut Ivar Jenner, darah keturunan Indonesia didapatnya dari garis keturunan ayahnya.

"Saya mendapat darah Indonesia dari ayah saya. Lebih tepatnya adalah kakek saya yang lahir di Jawa," ungkap Ivar Jenner kepada awak INDOSPORT.com

"Orang tua saya lahir di Belanda, nenek saya juga tinggal di Belanda. Tapi karena kakek saya lahir di Indonesia," tambah Ivar Jenner.

Berkaca dari pengakuan itu, Ivar Jenner jelas memiliki peluang untuk membela Timnas Indonesia. Namun, Ivar Jenner masih didera dilema dan belum bisa memutuskan antara memilih membela Belanda atau Timnas Indonesia.

"Saya mungkin akan menerimanya jika ada panggilan dari Timnas Indonesia. Tapi masih belum yakin, karena skuat Belanda juga merupakan tim yang sangat bagus," kata Ivar Jenner.

"Saya belum bisa memutuskannya sekarang, pada masa yang akan datang pasti saya akan mengambil sikap," lanjutnya.

Andai nantinya memilih Timnas Indonesia, Ivar Jenner diyakini akan jadi andalan di lini tengah. Bagaimana tidak, Ivar Jenner memang merupakan tipe pemain yang terbiasa menempati posisi gelandang.

© Dokumen pribadi Ivar Jenner
Ivar Jenner berlaga di Liga Belanda U-15. Copyright: Dokumen pribadi Ivar JennerIvar Jenner berlaga di Liga Belanda U-15.

Kualitas olah bolanya terbilang cukup menjanjikan. Buktinya Ivar Jenner berhasil mendapat kepercayaan untuk memegang ban kapten tim FC Utrecht U-16.

Tristan Gooijer

© https://www.instagram.com/tristangooijer/
Tristan Gooijer saat bermain bersama akademi Ajax Copyright: https://www.instagram.com/tristangooijer/Tristan Gooijer saat bermain bersama akademi Ajax

Tristan Gooijer merupakan pemain muda kelahiran Belanda yang kini sedang merumput bersama Ajax Amsterdam. Masih berusia 15 tahun, Tristan Gooijer dipercaya untuk bermain di tim muda Ajax Amsterdam level U-16 dan U-17.

Berdasarkan data dari situs Transfermarkt, Tristan Gooijer dituliskan memiliki darah keturunan Indonesia. Status kewarganegaraan Tristan Gooijer dijelaskan oleh Transfermarkt ke dalam dua logo bendera, yakni Belanda serta Indonesia.

Tristan Gooijer ternyata membenarkan data yang ada pada situs Transfermarkt. Menurut Tristan Gooijer, darah keturunan Indonesia yang mengalir dalam tubuhnya berasal dari Ibunya.

"Saya memiliki darah keturunan Maluku yang didapat dari ibu saya," ungkap Tristan Gooijer kepada INDOSPORT.com.

Memiliki darah keturunan Maluku, jelas membuat Tristan Gooijer berpeluang memperkuat Timnas Indonesia. Tristan Gooijer tentu bisa menjalani naturalisasi dan membela Skuat Garuda untuk berlaga di kancah Internasional.

Menanggapi peluang yang ada, Tristan Gooijer kini masih belum bisa memberi keputusan secara pasti. Namun, Tristan Gooijer mengaku dirinya mungkin saja bersedia membela Timnas Indonesia, jika di masa depan nanti mendapat panggilan PSSI.

"Untuk saat ini saya belum tahu, mungkin di masa yang akan datang saya bersedia membela Timnas Indonesia," beber Tristan Gooijer.

Andai terwujud, Tristan Gooijer sepertinya bakal memperkuat barisan lini belakang Timnas Indonesia. Pasalnya, Tristan Gooijer merupakan seorang pemain yang hingga kini terbiasa menempati posisi bek tengah.

© ajax.nl
Pemain Ajax U-17 Tristan Gooijer saat mendapat penghargaan. Copyright: ajax.nlPemain Ajax U-16 Tristan Gooijer saat mendapat penghargaan.

Soal kualitas, Tristan Gooijer juga cukup cemerlang. Pada Febuari 2018 buktinya, Tristan Gooijer berhasil mendapatkan penghargaan gol terbaik Ajax Amsterdam.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%