In-depth

Duel per Lini Liga Champions 2019/20: Atletico Madrid vs Juventus

Rabu, 18 September 2019 16:11 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Pertandingan Atletico Madrid vs Juventus. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Pertandingan Atletico Madrid vs Juventus.

INDOSPORT.COM - Duel antarlini pertandingan perdana Grup D Liga Champions 2019 Atletico Madrid vs Juventus di Stadion Wanda Metropolitano, Kamis (19/09/19).

Atletico Madrid akan kedatangan lawan berat Juventus dalam laga perdananya pada fase grup Liga Champions 2019/20 di Stadion Wanda Metropolitano, Kamis (19/09/19) dini hari WIB. 

Buat Atletico Madrid, pertandingan kontra Juventus ini menjadi momen yang tepat untuk bangkit dari kekalahan di LaLiga 2019/20 pekan lalu kontra Real Sociedad.

Setali tiga uang buat Juventus, kemenangan kontra Atletico Madrid juga akan menjadi misi balas dendam mereka. Usai dalam pertemuan keduannya di laga pramusim lalu, klub berjuluk Si Nyonya Tua itu harus menelan kekalahan.

Dengan nama besar yang dimiliki, kedua klub memang belum sepenuhnya mampu menunjukkan kualitas terbaiknya di kompetisi domestik. Untuk itu kemungkinan mereka untuk langsung main cepat sejak awak sukar untuk diharapkan.

Terlebih buat Juventus. Sebagai tim tamu, Bianconeri kemungkinan akan lebih menunggu dan mengandalkan serangan balik cepat mengandalkan Alex Sandro dan tentunya Cristiano Ronaldo.

Bicara mengenai Cristiano Ronaldo, laga ini juga akan menarik untuk menanti kiprah kapten Portugal itu. Di saat dirinya akan langsung berhadapan dengan penerusnya di Timnas Portugal, Joao Felix.

Sebelum menyaksikan pertandingan Atletico Madrid vs Juventus, kita simak dahulu duel per lini yang akan menjadi kunci serta kekuatan permainan keduanya.

Kiper: Jan Oblak vs Wojciech Szczęsny

© sport360
Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak. Copyright: sport360Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak.

Atletico Madrid bakal menurunkan kiper andalannya, Jan Oblak, pada laga dini hari nanti. Jan Oblak merupakan salah satu kiper terbaik di Eropa saat ini. Hal ini dibuktikan dari empat titel kiper terbaik yang ia raih di LaLiga. 

Walau musim lalu Jan Oblak kebobolan lebih banyak dari Szczesny, namun Jan Oblak memiliki jumlah save yang lebih banyak dari kiper Polandia itu. 

Jan Oblak memiliki reflek yang bagus serta lihai dalam penyelamatan jarak dekat. Sementara itu Szczesny juga tak bisa diremehkan. Szczesny memiliki kemampuan apik dalam menepis bola sepakan jarak jauh serta kuat dalam penyelamatan penalti. 

Bek: José Giménez vs Matthijs de Ligt

© https://twitter.com/Goal_India
Matthijs de Ligt debut di Juventus Copyright: https://twitter.com/Goal_IndiaMatthijs de Ligt debut di Juventus.

Untuk lini belakang, Atletico Madrid bakal mengandalkan sosok Jose Jimenez. Jose Jimenez selalu dimainkan dalam empat pertandingan awal LaLiga musim ini.

Jose Jimenez dikenal sebagai bek yang bagus dalam penguasaan area. Ia juga cerdik dalam mengintersep bola operan lawan. 

Dari empat laga awal LaLiga, ia meraih rating 6,88. Sebuah angka yang lumayan bagus. 

Sementara itu d kubu Juventus ada sosok bek muda, Matthijs de Ligt, yang siap mengawal pertahanan. 

Lini pertahanan Juventus pada awal musim ini memang belum maksimal. Dua bek tengah andalan Bianconeri, De Ligt dan Bonucci, belum benar-benar tampil maksimal. 

Hal ini terlihat dari sejumlah kesalahan yang mereka lakukan kala melawan Napoli. Matthijs de Ligt pun mendapat sorotan. 

Namun begitu, bukan berarti De Ligt jelek. Pada laga melawan Atletico nanti ia diyakini bakal jadi kunci utama pertahanan Juventus. 

Gelandang: Thomas Lemar vs Miralem Pjanic
 

© twitter.com/juventusfc
Selebrasi pemain Juventus Miralem Pjanic usai menjebol gawang Napoli, Senin (04/03/19). Copyright: twitter.com/juventusfcSelebrasi pemain Juventus, Miralem Pjanic, usai menjebol gawang Napoli, Senin (04/03/19).

Thomas Lemar selalu jadi andalan Atletico Madrid semenjak didatangkan dari AS Monaco. Bek asal Prancis ini kuat dalam dribel, menahan bola, serta memberikan operan akurat bagi rekan-rekannya. 

Maka tak heran jika lini tengah Atletico sangat bergantung padanya. Ia juga cukup fleksibel di lini tengah dengan mampu bermain di posisi kiri dan tengah. 

Sementara itu di kubu tim tamu, Juventus akan mengandalkan Miralem Pjanic untuk mengawal lini tengah. 

Pjanic adalah salah satu pemain terbaik di Juve musim ini. Dari empat laga awal Serie A, ia mendapatkan rating mencapai 7,04 (whoscored).

Pjanic bagus dalam menciptakan operan-operan kunci, mengambil tendangan bebas, serta tembakan jarak jauh. 

Penyerang: Joao Felix vs Cristiano Ronaldo

© Charlie Crowhurst/International Champions Cup/Getty Images
Joao Felix selebrasi pasca menceak gol ke gawang Juventus Copyright: Charlie Crowhurst/International Champions Cup/Getty ImagesJoao Felix selebrasi pasca mencetak gol ke gawang Juventus pada laga pramusim. 

Tak ada nama lain yang pantas mengisi duel lini depan selain duo Portugal, Joao Felix vs Cristiano Ronaldo. 

Didatangkan dengan amat mahal dari Benfica, Joao Felix sejauh ini sudah memberikan penampilan yang menonjol. Dari empat laga LaLiga, ia menciptakan satu gol dan satu assist

Pada laga melawan Sociedad penampilannya memang agak menurun. Namun, di laga lawan Juventus nanti ia diyakini akan tampil lebih maksimal. 

Joao Felix memiliki kemampuan bagus dalam operan-operan terobosan, kuat dalam dribling, serta tembakan jarak jauh. 

Sementara itu di kubu Juve ada Cristiano Ronaldo yang siap meneror pertahanan Atletico. Ronaldo merupakan striker komplet yang jago dalam dribel, gocekan, kecepatan, serta insting mencetak gol tajam. 

IDS Emoticon Suka
Suka
67%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%