Liga Indonesia

Termasuk Persebaya Surabaya, 5 Klub Liga 1 2019 Ini Beraroma Brasil

Rabu, 18 September 2019 15:20 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Termasuk Persebaya Surabaya, 5 klub Liga 1 2019 ini beraroma Brasil Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Termasuk Persebaya Surabaya, 5 klub Liga 1 2019 ini beraroma Brasil

INDOSPORT.COM - Ada lima klub yang beraroma Brasil di paruh kedua Liga 1 2019, termasuk salah satunya ialah Persebaya Surabaya.

Masa bursa transfer paruh musim Liga 1 2019 dibuka sejak 27 Agustus hingga berakhir 16 September kemain. Sederet gejolak perpindahan pemain sangat panas.

Sebab klub-klub Liga 1 2019 tak ragu untuk melepas pemain, baik lokal atau asing, lantaran target manajemen ingin bertarung habis-habisan di sisa kompetisi.

Khususnya pemain asing, para konetestan Liga 1 2019 selalu mengontrak yang terbaik alias kemampuannya di atas rata-rata dari penggawa lokal.

Kuota pemain asing sejauh ini ialah tiga legiun non-Asia dan satu penggawa Asia (3+1), sesuai dengan peraturan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

© Grafis: Eli Suhaeli/pngimage.net
Alasan kuat Brasil jadi eksportir terbesar di dunia. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/pngimage.netAlasan kuat Brasil jadi eksportir terbesar di dunia.

Dari kuota tersebut, ada sebagian klub Liga 1 2019 yang mengontrak legiun asing non-Asia dengan pemain-pemain dari Brasil.

Menurut salah satu agen pemain Tanah Air yang kerap membawa legiun Brasil, yakni Afri Muzeli kalau sepak bola Negeri Samba itu sama dengan Indonesia. Teknik dan main agak keras.

"Kultur Amerika Latin sama dengan Indonesia. Oleh karena itu mereka cepat adaptasi," ucap Afri kepada INDOSPORT, Agustus 2019.

Maka dari itu berikut deretan klub Liga 1 2019 yang mengontrak pemain-pemain dari Brasil untuk melengkapi kuota non-Asia.

1. Barito Putera

© psbaritoputeraofficial
Rafael Da Silva melakukan selebrasi pada laga melawan Persela Lamongan. Copyright: psbaritoputeraofficialStriker asal Brasil milik Barito Putera Rafael Da Silva melakukan selebrasi pada laga melawan Persela Lamongan.

Barito Putera menjadi salah satu klub Liga 1 2019 yang mengarungi paruh kedua musim dengan mengontrak pemain Brasil untuk mengisi slot non-Asia.

Pemain-pemain tersebut ialah Cassio Francisco de Jesus (bek), Rafael Silva dos Santos (striker), dan Francisco Wagsley Rodriguez de Sousa Filho alias Torres (striker).

2. Bhayangkara FC

© bhayangkarafc
Bruno Matos latihan perdana bersama Bhayangkara FC. Copyright: bhayangkarafcGelandang kelahiran Brasil Bruno Matos latihan perdana bersama Bhayangkara FC.

Kemudian ada Bhayangkara FC yang juga mengisi kuota legiun asing non-Asia dengan mengontrak pemain-pemain asal Brasil di paruh kedua Liga 1 2019.

Anderson Aparecido Salles (bek), Bruno Oliveira de Matos (gelandang), dan Hedipo Gustavo da Conceicao (striker) adalah pemain-pemain yang dimaksud.

3. Persela Lamongan

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi striker Persela Lamongan, Alex Dos Santos Goncalves usai mencetak gol ke gawang Tira Persikabo, Minggu (25/08/19). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTSelebrasi striker Persela Lamongan, Alex Dos Santos Goncalves usai mencetak gol ke gawang Tira Persikabo, Minggu (25/08/19).

Berikutnya ada Persela Lamongan turut mengontrak pemain-pemain asal Brasil untuk memenuhi kuota legiun asing non-Asia di paruh kedua Liga 1 2019.

Persela memboyong Alex dos Santos Goncalves (striker), Demerson Bruno Costa (bek), dan Rafael Gomes De Oliveira alias Rafinha (gelandang).

4. PSIS Semarang

© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Bruno Silva rgabung PSIS Semarang. Copyright: Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORTStriker asal Brasil Bruno Silva resmi bergabung dengan PSIS Semarang.

Lalu PSIS Semarang ikut memakai jasa para pemain asal Brasil di paruh kedua Liga 1 2019 sekaligus memenuhi kota legiun asing non-Asia.

PSIS bahkan memulangkan Bruno Silva (striker), memboyong Claudir Marini Junior (striker), dan mengontrak Wallace Costa Alves (bek).

5. Persebaya Surabaya

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Trio pemain Brasil usai latihan Persebaya di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Selasa (17/9/19). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTTrio pemain Brasil usai latihan Persebaya di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Selasa (17/9/19).

Terakhir ada Persebaya Surabaya yang juga turut memakai jasa pemain kelahiran Brasil demi memenuhi kuota legiun asing non-Asia di paruh kedua Liga 1 2019.

Sosok-sosok yang direkrut Persebaya adalah David Aparecido da Silva (striker), Diogo Campos Gomes (striker), dan Otavio Dutra (bek). Untuk nama terakhir saat ini tengah melakukan proses naturalisasi.

Selain lima klub di atas ada Kalteng Putra yang juga memiliki dua pemain kelahiran Brasil di paruh kedua Liga 1 2019, yakni Eydison Teofilo Soares (striker) dan Rafael de Jesus Bonfim (bek).

Kendati begitu bisa saja Kalteng Putra merekrut pemain asing non-Asia bukan dari Brasil. Maka dari itu lebih baik tunggu pengumuman resminya saja.