Liga Indonesia

Mengenal Sosok David Bala, Jebolan Liga Thailand yang Siap Jadi Bomber Anyar Kalteng Putra

Kamis, 19 September 2019 11:36 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© davidbala99
David Bala logo Kalteng Putra Copyright: © davidbala99
David Bala logo Kalteng Putra

INDOSPORT. COM - Kalteng Putra tak lama lagi akan memiliki seorang penyerang asing baru jebolan Liga Thailand, yaitu David Bala.

Bursa transfer paruh musim Liga 1 2019 memang telah ditutup. Namun, pembahasan soal pemain anyar tim-tim Liga 1 2019 masih menarik saja untuk dibahas.

Khusus untuk klub Kalteng Putra, bursa transfer paruh musim kemarin digunakan untuk mencari penyerang asing anyar. Usai melepas Diogo Campos, Kalteng Putra akhirnya bisa mendatangkan penyerang asing anyar bernama David Bala.

Nama David Bala dikabarkan telah mencapai kata sepakat dengan manajemen Kalteng Putra dan tinggal menunggu pengumuman resmi. Situs Transfermarkt juga sudah mencatat nama David Bala sebagai bagian dari skuat Kalteng Putra.

Mungkin publik sepak bola nasional dan pendukung Kalteng Putra, masih ada yang belum mengenal betul terkait sosok David Bala ini. INDOSPORT pun lantas coba mengulas lebih tentang profil David Bala, jebolan Liga Thailand yang siap jadi bomber anyar Kalteng Putra.

Karier di Thailand

Nama David Bala terbilang punya pengalaman cukup apik di level sepak bola Asia Tenggara. Selaku bomber asing asal Brasil, David Bala telah banyak menghiasi skuat dari klub-klub Liga Thailand.

Tahun 2014 jadi momen perdana David Bala menapakan kakinya di Negeri Gajah Putih. Ia bergabung bersama klub Liga Thailand, Sisaket FC.

Selama membela Sisaket FC, David Bala tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Tampil 15 kali, David Bala gagal mencetak satu gol pun.

Pergi dari Sisaket FC pada 2015, David Bala lantas mulai menjelajah ke klub-klub Liga Thailand. Setidaknya ada enam klub Liga Thailand lagi yang pernah dibelanya, yakni Samutsongkhram, Lampang FC, Khon Kaen FC, Bangkok Glass, BG Pathum United, dan Chiangmai FC.

Paling cemerlang adalah ketika David Bala bermain untuk BG Pathum United. David Bala mampu mencetak 10 gol dari 19 kali penampilan.

Pengalaman di Vietnam

Bukan hanya Thailand saja negara yang pernah disinggahi David Bala untuk meneruskan karier sepak bola. David Bala diketahui juga pernah menghiasi kancah sepak bola Liga Vietnam.

Momennya itu terjadi pada tahun 2011 lalu. David Bala mulai 1 Januari 2011 menjadi bagian dari klub top Liga Vietnam, Becamex Binh Duong.

Namun, karier David Bala bersama Becamex hanya berjalan singkat. Enam bulan setelah bergabung, David Bala langsung dilepas Becamex dan kemudian pulang kampung lagi ke Brasil.

Tipe Bermain

David Bala didatangkan oleh Kalteng Putra untuk menggantikan peran Diogo Campos. Melihat fakta itu, jelas kalau David Bala merupakan pemain yang bertipe menyerang.

Posisi natural David Bala memanglah bertindak sebagai seorang penyerang. Meski demikian, ia juga memiliki kemampuan versatile player.

Ya, David Bala mampu pula apabila ditempatkan di posisi lainnya. Berdasarkan data dari situs Transfermarkt, David Bala juga bisa berperan sebagai winger kiri dan second striker.

1