Liga Indonesia

'VAR' di Laga Borneo FC vs Madura United Jadi Sorotan Internasional

Kamis, 19 September 2019 15:26 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Indosport.com
Ada kejadian di laga Borneo FC vs Madura United yang secara mengejutkan jadi sorotan dunia internasional. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Ada kejadian di laga Borneo FC vs Madura United yang secara mengejutkan jadi sorotan dunia internasional.

INDOSPORT.COM – Laga pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 antara Borneo FC melawan Madura United pada Rabu (18/09/19) diwarnai penalti kontroversial. Protes penggawa Madura dengan ‘VAR’ dadakan pada akhir laga kemudian menjadi sorotan internasional.

‘VAR’ tersebut merupakan inisiatif penggawa Madura United setelah merasa dirugikan oleh keputusan sang pengadil, Nuzur Fadilah, pada menit ke-90+3. Saat itu, wonderkid Borneo FC yakni Muhammad Sihran Amrullah jatuh di kotak penalti Laskar Sape Kerrab usai berebut bola dengan Asep Berlian.

Sang wasit secara tiba-tiba memberikan hadiah penalti untuk tim tuan rumah. Hal tersebut langsung direspon dengan protes keras dari para pemain Madura United. Mereka baeranggapan bahwa jatuhnya Sihran bukan disebabkan oleh hadangan Asep.

Beto Goncalves dkk. kemudian berjalan ke pinggir lapangan dan tidak ingin melanjutkan pertandingan sebagai protes. Untuk meyakinkan sang wasit, Asep Berlian bahkan memberikan rekaman ‘pelanggaran’ tersebut kepada wasit lewat layar smartphone.

Namun, sang wasit tidak mau melihat rekaman tersebut karena telah yakin dengan keputusannya. Penalti tersebut akhirnya dilakukan pada menit ke-90+13. Lerby Eliandri yang maju sebagai eksekutor Borneo FC berhasil membobol gawang Muhammad Ridho.

Kejadian tersebut kemudian diunggah oleh akun Twitter TrollSports. Salah satu warganet bahkan merespon hal tersebut sebagai VAR dengan biaya murah. Adapun yang lainnya memprotes PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia yang tak kunjung memasang VAR untuk mengantisipasi kejadian ini.

Gol penalti Lerby Eliandri sendiri membuat Borneo FC menang dengan skor 2-1. Madura United sendiri sempat unggul lewat Beto Goncalves (7’) sebelum Muhammad Sihran Amrullah mencetak gol pada menit ke-76.

Hasil ini membawa Borneo FC naik ke peringkat empat klasemen sementara dengan 29 poin dari 18 laga. Sedangkan, Madura United tetap bertahan di peringkat ketiga dengan perolehan 31 poin dari 19 laga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%