Bola Internasional

Resmi! Kiper Terbaik akan Dapatkan Ballon d’Or Tahun Ini

Sabtu, 21 September 2019 01:38 WIB
Penulis: Martini | Editor: Rafif Rahedian
© Indosport
Trofi Ballon D'or. Copyright: © Indosport
Trofi Ballon D'or.

INDOSPORT.COM – Setelah pada tahun 2018 lalu, sebuah terobosan dilakukan sehingga pemain sepak bola wanita terbaik dunia akan mendapatkan Ballon d’Or. Kini, anugerah tahunan itu juga merambah pada titel kiper terbaik.

Sebagaimana diketahui nominasi peraih penghargaan Ballon d’Or 2019 akan diumumkan pada 21 Oktober, dan perayaan sekaligus pemberian penghargaan bergengsi tersebut akan dilangsungkan pada 2 Desember 2019 mendatang.

Jika sebelumnya Ballon d’Or hanya diperuntukkan bagi seorang pesepakbola pria terbaik, kini di tahun 2019, penghargaan untuk kiper terbaik untuk kali pertama dalam sejarah akan diselenggarakan.

Trofi Ballon d’Or untuk kiper diberi nama Trofi Yashin, guna menghormati penjaga gawang legendaris berkebangsaan Uni Soviet, Lev Ivanovich Yashin.

Yashin adalah pemain sepak bola kelahiran Moskow yang bermain selama 21 musim untuk klub Dynamo Moscow. Ia menerima penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1963, dan hingga kini masih dianggap sebagai penjaga gawang terbaik yang pernah ada di dunia.

Ia membantu Uni Soviet mengalahkan Yugoslavia dengan skor 1-0 di final Olimpiade Melbourne 1956. Yashin lagi-lagi menjadi pahlawan negara saat berhasil memenangkan Piala Eropa 1960.

Kiper yang identik dengan seragam hitam itu juga bermain empat kali di Piala Dunia, kemudian bekerja di berbagai departemen klub Dynamo Moscow, hingga akhirnya bergabung dengan Kementerian Olahraga Uni Soviet.

Namun pada pertengahan 1980-an, ia divonis menderita flebitis sehingga kakinya harus diamputasi. Yashin wafat pada tahun 1990 dalam usia 60 tahun.