Liga Indonesia

Dianggap Kontroversi, Persik Kediri Klaim Gol Keduanya Memang Layak Disahkan

Senin, 23 September 2019 20:51 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Persik
Situasi pertandingan Persik Kediri vs Mitra Kukar. Copyright: © Media Officer Persik
Situasi pertandingan Persik Kediri vs Mitra Kukar.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri mengklaim bahwa gol kedua mereka memang layak disahkan oleh wasit, dalam kemenangan 2-0 atas Mitra Kukar di Stadion Brawijaya Kediri, Senin 23 September sore.

Gol kedua yang dibukukan Wimba Sutan Fenosa di menit 89 itu memang menuai reaksi keras dari pemain Mitra Kukar. Mereka menganggap, bola hasil sepakan eks striker Persebaya itu belum melewati garis gawang pasca membentur mistar atas gawang.

Namun, Mansyur tampak yakin untuk mengesahkan gol kemenangan di menit-menit akhir itu. Wasit asal DKI Jakarta itu bahkan tidak perlu berdiskusi atas perdebatan yang dilakukan Arif Suyono dkk kepada asistennya di sisi lapangan.

"Saya pikir gol itu memang sah. Karena sama-sama kita lihat bola memantul ke dalam setelah membentur tiang (atas gawang)," beber pelatih Persik Kediri, Budiarjo Thalib dalam konferensi pers pasca laga.

Juru taktik kelahiran Makassar itu bahkan menjelaskan lebih jauh atas klaim gol kedua anak asuhnya. Tak hanya secara rule of the game, namun juga merembet kepada karakter lapangan di Stadion Brawijaya.

"Kita tahu, permukaan lapangan sebelah sini (kiri gawang) itu lebih tinggi dibanding yang sini (kanan gawang Mitra Kukar). Jadi bagi saya, gol itu memang sah," ungkapnya.

Bobot gol di menit 89 yang bukan penentu kemenangan, membuat perdebatan itu hanya berlangsung sebentar. Mitra Kukar akhirnya harus mengakui kemenangan Persik yang mencetak gol lebih dulu di menit 75, sehingga skor akhir menjadi 2-0 untuk tim tuan rumah.