Liga Indonesia

Pekan-pekan Krusial, Siapa Temani Sriwijaya FC ke Babak 8 Besar Liga 2?

Selasa, 24 September 2019 16:15 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo Liga 2 dan logo Sriwijaya FC Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 2 dan logo Sriwijaya FC

INDOSPORT.COM - Sriwijaya FC begitu perkasa di Liga 2 2019 Grup Barat. Siapa bakal menemani Laskar Wong Kito ke babak 8 Besar?

Hingga pekan ke-18, Sriwijaya FC masih menguasai puncak klasemen. Mereka mengoleksi 37 poin dengan selisih tiga angka dari Persita Tangerang di urutan kedua.

Sriwijaya FC memiliki pertahanan yang terbilang tangguh. Pasukan Kas Hartadi baru kebobolan 11 gol dan berhasil mencatatkan 10 kali clean sheet.

Tak heran, Sriwijaya FC menjadi tim favorit yang bakal melenggang ke babak 8 besar. Meski demikian, mereka harus tetap fokus menghadapi empat laga tersisa.

Lawan yang dihadapi tidaklah mudah. Persiraja Banda Aceh terkenal jago kandang, sedangkan PSMS Medan kerap memberi kejutan.

Selain Sriwijaya FC, Persiraja Banda Aceh dan PSCS Cilacap punya kans untuk lolos ke babak 8 besar. Hal itu berkaca pada lawan-lawan yang dihadapi kedua tim di sisa kompetisi.

Persiraja Banda Aceh punya tiga laga kandang tersisa sebelum akhir musim. Satu laga terakhir akan mempertemukan mereka dengan PSMS Medan.

PSCS Cilacap menyisakan dua laga kandang melawan PSPS Pekanbaru dan PSGC Ciamis yang berpeluang dimenangkan tim tuan rumah.

Laga tandang melawan Persibat Batang juga berpeluang menghadirkan poin, sedangkan laga kontra Persiraja Banda Aceh akan sedikit berat lantaran tuan rumah punya rekor kandang yang baik.

© Media Persita
Selebrasi Sirvi Arvani usai cetak gol kd gawang Cilegon United. Foto: Media Persita Copyright: Media PersitaSelebrasi Sirvi Arvani usai cetak gol kd gawang Cilegon United. Foto: Media Persita

Perjuangan Persita Tangerang akan sedikit berat sebab mereka harus menjalani tiga laga tandang, sedangkan PSMS Medan masih harus berjumpa Sriwijaya FC dan Persiraja Banda Aceh.

Di Grup Timur, Persik Kediri kian mendominasi. Tiga laga sisa melawan tiga tim urutan terbawah akan membuat Persik Kediri langgeng di puncak klasemen.

Mitra Kukar yang bangkit di putaran kedua dan menduduki peringkat 2 di pekan 17 semakin menunjukkan tajinya setelah baru kalah sekali dalam enam laga. Naga Mekes difavoritkan ke 8 besar dan kembali ke kasta tertinggi.

Duo Mataram berpeluang menyusul Persik Kediri dan Mitra Kukar ke 8 besar. Meski begitu, Persis Solo masih harus melewati tiga laga tandang di akhir musim.

Laga terakhir antara PSIM Yogyakarta vs Persis Solo bisa menjadi penentuan lolos tidaknya kedua tim ke 8 besar. Di sisi lain, Martapura FC dan Persewar Waropen berpeluang menikung di saat terakhir sebagai kuda hitam.

Babak grup tinggal menyisakan empat pekan. Siapakah kira-kira empat klub dari masing-masing wilayah yang lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019?