Bola Internasional

Pilihan Wakil Timnas Indonesia di FIFA The Best 2019, Tak Jagokan Lionel Messi

Selasa, 24 September 2019 10:42 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Andritany Ardhiyasa dan Simon McMenemy The Best FIFA Football Awards Copyright: © INDOSPORT
Andritany Ardhiyasa dan Simon McMenemy The Best FIFA Football Awards

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola dunia, FIFA baru saja merilis daftar pilihan para kapten dan pelatih tim nasional untuk ajang penghargaan pemain sepak bola pria terbaik dalam tajuk FIFA The Best 2019.

Ajang tersebut berlangsung setiap tahunnya, untuk menentukan siapa yang terbaik setelah melewati performa yang menakjubkan selama satu musim penuh.

Adapun pemain yang berpeluang besar untuk meraih penghargaan tersebut adalah, dia yang bisa memberikan pengaruh besar terhadap timnya, dan memiliki dampak luar biasa untuk olahraga ini.

Sementara untuk mekanisme pemilihan, FIFA selaku penyelenggara program FIFA The Best ini merilis sekitar 10 pemain terbaik yang dinilai mempunyai performa apik selama semusim, mulai dari musim panas ke musim panas lagi.

Sedangkan untuk menentukan pemenangnya, FIFA menggunakan sistem pemungutan suara atau voting melalui 'juri internasional', yang terdiri dari pelatih dan kapten tim nasional anggota FIFA, dan perwakilan jurnalis di setiap negara.

Pilihan Indonesia

Itu artinya, Indonesia mempunyai hak suara untuk ikut andil menentukan pemain sepak bola terbaik dunia versi FIFA di tahun 2019 ini karena mereka adalah salah satu negara anggota FIFA.

Diwakili oleh enam orang yakni Andritany Ardhiyasa selaku kapten Timnas Indonesia, Simon McMenemy selaku pelatih Timnas Indonesia.

Oktafiani Ade Mustikiana merupakan kapten Timnas Indonesia Putri, Rully Nere pelatih Timnas Indonesia Putri, dan Triono Subagyo perwakilan jurnalis dari Antara.

Hasilnya cukup mengejutkan. Untuk pemilihan pemain terbaik pria, Andritany, Simon dan Triono tak menaruh nama Lionel Messi diurutan pertama.

Andritany dan Triono lebih menjagokan Cristiano Ronaldo. Sedangkan Simon McMenemy memilih Virgil van Dijk untuk meraih lima poin. 

Sementara untuk pelatih terbaik pria, Andritany dan Triono Subagyo memilih Jurgen Klopp, sedangkan Simon memilih Pep Guardiola.

Untuk diketahui, dalam pemilihan FIFA The Best, setiap pemain dan pelatih yang dipilih berada di urutan pertama akan mendapat lima poin, urutan kedua mendapat tiga poin, lalu urutan ketiga mendapat satu poin.

Kemudian untuk pemain terbaik wanita, Oktafiani Ade Mustikiana memilih Henry Amandine, Rully Nere memilih Alex Morgan. Dan untuk pelatih, Oktafiani memilih Phill Neville sedangkan Rully memilih Jill Ellis.

Berikut daftar lengkap pilihan para wakil Indonesia:

Pemain Terbaik Pria

Andritany Ardhiyasa: Cristiano Ronaldo (1), Matthijs De Ligt (2), Virgil van Dijk (3)

Simon McMenemy: Virgil van Dijk (1), Kylian Mbappe (2), Cristiano Ronaldo (3)

Triono Subagyo: Cristiano Ronaldo (1), Lionel Messi (2), Mohamed Salah (3)

Pemain Terbaik Wanita

Oktafiani Ade Mustikiana: Henry Amandine (1), Ada Hegerberg (2), Alex Morgan (3)

Rully Nere: Alex Morgan (1), Lucy Bronze (2), Ellen White (3)

Pelatih Terbaik Pria

Andritany Ardhiyasa: Jurgen Klopp (1), Pep Guardiola (2), Mauricio Pochettino (3)

Simon McMenemy: Pep Guardiola (1), Juergen Klopp (2), Didier Deschamps (3)

Triono Subagyo: Jurgen Klopp (1), Pep Guardiola (2), Djamel Belmadi (3)

Pelatih Terbaik Wanita

Oktafiani Ade Mustikiana: Phill Neville (1), Jill Ellis (2), Ikeda Futoshi (3)

Rully Nere: Jill Ellis (1), Sarina Wiegman (2), Riley Paul (3)

Yang Terbaik di FIFA The Best 2019

Untuk pemenangnya, FIFA telah mengumumkannya di Teatro Alla Scala, Milan pada Selasa (24/09/19) dini hari WIB tadi. Lionel Messi keluar sebagai pemenang FIFA The Best 2019 pemain terbaik pria dengan perolehan 46 poin

Megabintang Barcelona itu mengalahkan Virgil Van Dijak diurutan kedua dengan perolehan 38 poin, dan Cristiano Ronaldo di urutan ketiga dengan perolehan 36 poin.

Megan Rapinoe dari Amerika Serikat terpilih jadi pemain terbaik wanita, dengan perolehan 46 poin. Ia menyingkirkan Alex Morgan diurutan kedua dengan perolehan 42 poin, dan Lucy Bronze di peringkat ketiga dengan 29 poin.

Sementara itu untuk pelatih, Jurgen Klopp (Liverpool/Jerman)  jadi yang terbaik dengan perolehan 48 poin. Sedangkan untuk terbaik wanita, jatuh kepelukan Jill Ellis dari Amerika Serikat dengan perolehan 48 poin.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%