Bola Internasional

Bentuk Kompetisi Baru di Bawah Liga Champions dan Liga Europa, Ini Alasan UEFA

Rabu, 25 September 2019 20:59 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Trofi Liga Champions yang menjadi simbol kompetisi antar klub tertinggi di Eropa. Copyright: © Getty Images
Trofi Liga Champions yang menjadi simbol kompetisi antar klub tertinggi di Eropa.

INDOSPORT.COM – UEFA selaku otoritas tertinggi sepak bola Eropa memastikan bakal ada kompetisi antar klub baru yang levelnya berada di bawah Liga Champions dan Liga Europa. Rencananya, kompetisi kasta ketiga Benua Biru akan diperkenalkan pada tahun 2021 mendatang.

Dilansir dari laman sepak bola internasional Liverpool Echo, kompetisi kasta ketiga antar klub Eropa akan bernama Europa Conference League. UEFA berharap, kompetisi baru tersebut menjadi ruang bagi klub-klub lain di luar kontestan Liga Champions dan Liga Europa untuk bisa merasakan atmosfer kompetisi Eropa.

“Kompetisi yang baru akan membuat kejuaraan antar klub UEFA menjadi lebih inklusif daripada yang sebelumnya,” tutur Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Ceferin mengungkapkan, lahirnya kompetisi antar klub yang baru sudah melalui kajian yang mendalam. UEFA pun juga sudah melakukan dialog dengan klub-klub yang tergabung dalam Asosiasi Klub Eropa (ECA).

“Akan ada lebih banyak pertandingan dan lebih banyak klub yang terlibat di dalamnya. Kompetisi ini lahir dari dialog berkelanjutan dengan Asosiai Klub Eropa,” tandas Ceferin.

Meski sudah mengumumkan nama resminya, namun UEFA belum menjelaskan secara detail mengenai format kompetisi anyar tersebut, termasuk klub-klub peserta, format yang akan digunakan, serta sistem kejuaraannya.

Seperti diketahui, saat ini UEFA hanya memiliki dua kompetisi antar klub Eropa, yakni Liga Champions dan Liga Europa. Liga Champions menjadi kompetisi antar klub tertinggi alias paling elite di Benua Biru.

Sementara Liga Europa yang digelar mulai tahun 2009 merupakan sebutan baru untuk Piala UEFA. Kompetisi Liga Europa menjadi kompetisi antar klub level kedua di bawah otoritas UEFA.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%