In-depth

Melihat Kelayakan Pelatih Lokal Persija yang Bisa Singkirkan Edson Tavares

Rabu, 25 September 2019 15:10 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COMPersija Jakarta saat ini masih memberikan kesempatan kepada pelatih lokal yang masih berstatus caretaker, yakni Sudirman, di beberapa pertandingan Liga 1 2019.

Padahal, manajemen Macan Kemayoran dikabarkan sudah mengantongi dua nama kandidat calon pelatih Persija, yakni Edson Tavares dan Dejan Gluscevic.

Akan tetapi, mereka masih memberikan waktu kepada Sudirman, mengingat manajemen Persija tak ingin terburu-buru untuk menunjuk pelatih pengganti Julio Banuelos.

Apabila Sudirman berhasil menciptakan tren positif bersama Persija di sisa kompetisi Liga 1 2019 ini, maka bukan tidak mungkin jika dirinya akan ditetapkan sebagai pelatih.

Hal itu diungkapkan langsung oleh CEO Persija, Ferry Paulus beberapa waktu lalu. Dengan begitu, Sudirman memiliki peluang menyingkirkan nama Edson Tavares dari daftar target klub.

“Ada beberapa pelatih yang kita bidik. Salah satunya Edson Tavares. Terus ada juga Dejan Glusevic. Tapi tidak mudah buat tim yang sedang kurang sehat tentunya perlu adaptasi dengan hadirnya pelatih lokal ini paling tidak ada sedikit perubahan,” ujar Ferry.

“Kalau memang trennya Positif kita mau tetapkan. Kalau trennya kurang baik artinya kita carikan solusi dengan pelatih lain,” lanjut petinggi Persija tersebut.

Sudirman sendiri sudah mampu memberikan kemenangan saat menjalani debut pertamanya sebagai caretaker Persija di pekan ke-20 Liga 1 2019.

© [email protected]/Herry Ibrahim
Pelatih Persija Sudirman dan Skuat Persija Jakarta. Copyright: Instagram@persijajkt/Herry IbrahimPelatih Persija Sudirman dan Skuat Persija Jakarta.

Pada pertandingan tersebut, Persija sukses menumbangkan Barito Putera dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya pemain yang sukses mencetak gol adalah Heri Susanto.

Terlebih beberapa klub Liga 1 2019 sebelumnya memberikan jam terbang yang cukup banyak kepada caretaker untuk mengambil keputusan penuh dalam strategi tim.

Bahkan salah satu klub besar Liga 1, Madura United memilih untuk mempermanenkan caretaker Rasiman sebagai pengganti tetap Dejan Antonic.

Bukan tidak mungkin jika manajemen Persija mengikuti keputusan Madura United. Karena dengan begitu, klub juga tidak mengeluarkan banyak uang ketimbang merekrut pelatih asing.

Jika melihat fenomena caretaker di Liga 1 2019 ini, tentunya nama Sudirman bisa dikatakan layak untuk terus melanjutkan tugasnya di kursi kepelatihan Persija.

Namun, layak tidaknya Sudirman untuk menjadi pengganti tetap Julio Banuelos masih menunggu waktu. Setidaknya, ketika ia menyelesaikan tiga pertandingan di Liga 1 2019.

Ujian berat masih menanti Sudirman di pekan ke-21 Liga 1 2019. Mengingat, Persija bakal menghadapi salah satu klub kuda hitam, Borneo FC.

Setelah itu Persija akan berhadapan dengan klub yang cukup produktif di Liga 1 2019, yakni Persela Lamongan. Mengingat, Persela memiliki mesin gol bernama Alex Goncalves.

Dengan begitu, dua laga yang akan dijalani Sudirman bukan sesuatu yang mudah. Apabila dirinya mampu melewatinya tanpa kekalahan, maka ia bisa dikatakan layak dipertahankan.

Akan tetapi, layak atau tidaknya seorang Sudirman untuk memegang tanggung jawab sebagai seorang pelatih, hanya manajemen Persija saja yang tahu.

Karena segala keputusan yang dibuat manajemen Persija tetap layak dan harus didukung penuh oleh sejumlah elemen, seperti para pemain dan suporter.