Bola Internasional

Nyaris Batal, Korea Utara Siap Ladeni Korea Selatan di Kualifikasi Piala Dunia

Rabu, 25 September 2019 16:36 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© akhirzaman.org
Ilustrasi bendera Korea Selatan dan Korea Utara. Copyright: © akhirzaman.org
Ilustrasi bendera Korea Selatan dan Korea Utara.

INDOSPORT.COM – Korea Utara dipastikan akan tetap menjamu Korea Selatan pada bentrokan kedua kubu di Kualifikasi Piala Dunia 2022 sesuai jadwal. Ini dikonfirmasi langsung oleh Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) hari Selasa (24/09/19).  

Dilansir dari laman Yonghap, Korea Utara dan Korea Selatan dijadwalkan akan tetap melangsungkan lanjutan pertandingan Grup H pada putaran kedua Kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia 2022 pada 15 Oktober 2019 mendatang.

Keputusan ini diambil setelah pihak KFA bertemu langsung dengan perwakilan Korea Utara di Kuala Lumpur Malaysia, dengan didampingi oleh AFC sebagai mediator, guna membahas rincian pertandingan.

Dalam pertemuan ini, Korea Utara menegaskan kepada AFC akan memperlakukan Korea Selatan dengan cara yang sama dengan semua lawannya di Grup H.

Sebelumnya, ‘perang antar saudara’ itu nyaris batal. Laga ini bahkan juga sempat direncanakan akan dilangsungkan di negara ketiga, sebagai tempat netral.

Hal tersebut dikarenakan pihak Korea Utara tidak segera memberi tanggapan terkait dengan akomodasi perjalanan dan administrasi tim asuhan Paul Bento selama di Pyongyang, tempat berlangsungnya laga.

Perlu diketahui, kedua negara mengalami ketegangan selama hampir satu dekade terakhir. Tahun 2008 silam, Korea Utara menolak menjamu Korea Selatan di Pyongyang untuk laga kedua dan terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2010. Alhasil, laga itu pun dipindahkan ke Shanghai.

Sejauh ini, Korea Selatan yang diperkuat bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min baru memainkan satu pertandingan grup dengan mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 pada 10 September lalu di Ashgabat.

Sedangkan Korea Utara memenangkan dua laga pertama Kualifikasi Piala Dunia, yakni menang kandang atas Lebanon 2-0 pada 5 September, dan Sri Lanka 1-0 pada 10 September di Kolombo.