Korea Selatan Larang Jepang Pakai Bendera ‘Rising Sun’ di Olimpiade 2020

Jumat, 13 September 2019 15:11 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Koki Nagahama/Getty Images
Bendera Jepang 'Rising Sun' yang dikibarkan suporter dalam sebuah pertandingan rugby di Jepang. Copyright: © Koki Nagahama/Getty Images
Bendera Jepang 'Rising Sun' yang dikibarkan suporter dalam sebuah pertandingan rugby di Jepang.

INDOSPORT.COM - Korea Selatan melalui Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisatanya telah meminta kepada Komite Olahraga Internasional (IOC)  untuk melarang pengibaran bendera ‘Rising Sun’ dalam gelaran Olimpiade 2020 Tokyo mendatang.

Sang Menteri, Park Yang-woo bahkan telah menuliskan surat langsung kepada Presiden IOC, Thomas Bach terkait keberatannya atas pengibaran bendera matahari terbit itu.

Bendera yang menggambarkan matahari berwarna merah dengan 16 garis membentang, telah digunakan oleh Jepang selama berabad-abad hingga saat ini.

Dalam surat tertulis, pemerintah Korsel mengatakan jika lambang bendera Matahari Terbit merupakan bentuk sikap dari tentara Jepang yang cendrung imperialisme selama agresi militer di wilayah Asia pada abad ke-19 silam. 

Bendera itu dikhawatirkan  akan mengingatkan banyak warga di wilayah Asia termasuk, Korea dan China, tentang luka dan rasa sakit akan sejarah kelam masa lalu.

Pihak Korea Selatan juga telah mendesak Komite Penyelenggara di Tokyo untuk melarang penggunaan bendera tersebut. Namun dari pihak Jepang menolak mentah-mentah permintaan itu.

Mereka berdalih jika bendera matahari terbit itu bukan bentuk pernyataan politik, sehingga tidak dianggap sebagai barang terlarang.

Tak cukup sampai di situ, demi kelancaran Olimpiade Tokyo 2020, kementerian Korea Selatan juga menyampaikan dalam suratnya bahwa FIFA telah melarang pemakaian bendera tersebut. 

Bahkan AFC selaku Asosiasi Sepak Bola Asia pada tahun 2017 lalu, telah memberikan sanksi kepada Jepang akibat penggunaan bendera ‘Rising Sun’dalam gelaran Liga Champions Asia.

Penulis: Muhammad Harris Muda