Liga Indonesia

3 Big Match di Liga 1 2019 Pekan ke-21

Kamis, 26 September 2019 08:58 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 2019 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Liga 1 2019

INDOSPORT.COM - Pertandingan pekan ke-21 di Liga 1 2019 akan banyak diisi oleh pertandingan bertajum big match, seperti Persib vs Arema FC dan Persipura vs PSM Makassar.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2019 akan kembali melangsungkan pertandingan lanjutan dalam pekan ke-21, yang akan dimulai pada Jumat (27/09/19) hingga Minggu (29/09/19).

Sejumlah partai seru akan tersaji, termasuk laga-laga yang melibatkan tim-tim besar dalam tajuk big match. Merebut poin penuh jadi misi utama klub yang berlaga.

Sebab, tambahan tiga poin akan memperbaiki posisi mereka di klasemen sementara saat ini. Pertandingan juga akan semakin seru karena sebagian akan dibumbui oleh faktor gengsi hingga rivalitas.

Lantas, pertandingan mana saja yang akan berkategori big match? Berikut INDOSPORT coba merangkumnya:

1. Persipura vs PSM Makassar

Pekan ke-20 akan dibuka dengan pertandingan antara Persipura Jayapura vs PSM Makassar pada Jumat (27/09/19) pukul 15:30 WIB.

Akan berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Persipura percaya diri menjamu jawara Piala Indonesia 2019 itu. Sebab, Mutiara Hitam tengah dalam tren bagus.

Sejak dinahkodai kembali oleh Jacksen F Tiago, performa Persipura mulai bangkit. Baru menelan satu kekalahan dari lima laga terakhir, dan meraih tiga kemenangan serta 1 imbang adalah buktinya. 

Nasib berbeda justru dialami oleh PSM Makassar. Tim Juku Eja tengah mengalami inkonsistensi penampilan. Itu bisa dihlihat dari empat pertandingan terakhir mereka.

Tim besutan Darije Kalezic itu hanya mampu meraih satu kemenangan, satu kali imbang dan dua kali kalah. Kendati begitu, PSM tetap optimis bisa meraih tiga poin.

Saat ini, posisi keduanya di klasemen saling berdekatan. Persipura di urutan ke-8 dengan koleksi 27 poin, sedangkan PSM berada di posisi ke-9 dengan poin sama yakni 27 poin.

2. Borneo FC vs Persija

Malam harinya, ada pertandingan big match lain yaitu Borneo FC vs Persija Jakarta, pada Jumat (27/09/19) pukul 18:30 WIB di Stadion Segiri, Samarinda.

Pertandingan ini akan jadi ajang balas dendam bagi Borneo, yang sempat disingkirkan oleh Persija di semifinal Piala Indonesia 2018-2019 lalu. 

Kekalahan tersebut menjadi kenangan pahit bagi Borneo FC yang sejatinya bertekad untuk menjadi juara di turnamen tersebut.

"Kegagalan di Piala Indonesia tidak harus kami sesali, tapi dijadikan motivasi agar tim bisa meraih hasil bagus," kata manajer Borneo FC, Dandri Dauri.

Sedangkan bagi Persija, ini adalah laga ujian sesungguhnya bagi caretaker mereka Sudirman, setelah melalui debutnya dengan manis karena memberikan kemenangan saat melawan Barito Putera dengan skor 1-0. 

Sudirman juga dibebani memutus rentetan hasil negatif Persija saat bertanding di markas lawan, karena Macan Kemayoran belum mampu meraih kemenangan di laga away musim ini.

3. Persib vs Arema FC

Nah ini pertandingan yang akan banyak menyita perhatian dari jutaan pasang mata pecinta sepak bola Indonesia, di Liga 1 2019 pekan ke-21 yakni pertandingan syarat gengsi Persib Bandung vs Arema FC.

Laga itu akan berlangsung pada Sabtu (28/09/19) mulai pukul 15:30 WIB  di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Jelang laga tersebut, Persib akan mendapat suntikan tenaga baru, dengan kehadiran bek tangguh Achmad Jufriyanto.

Pemain yang akrab disapa Jupe itu dipastikan bisa tampil, setelah melewati masa hukuman akumulasi kartu kuning saat melawan Persipura pada, 23 September 2019.

Kehadiran pemain berusia 32 tahun itu tentu akan membuat pelatih Robert Rene Alberts nampak tenang, karena lini belakangnya bisa kokoh dengan duet Jupe dan Nick Kuipers.

Namun sayangnya, kokohnya sektor belakang tidak bisa diimbangi dengan tangguhnya lini tengah. Sebab, Persib akan kehilangan dua aktor pentingnya yakni Esteban Vizcarra dan Ghozali Siregar.

Ghozali Siregar tidak bisa main karena mengalami hifema pada bola mata kirinya, sementara Vizcarra absen karena mendapat hukuman akumulasi kartu kuning.

Nasib serupa juga dialami kubu Arema FC. Singo Edan harus kehilangan sejumlah pilar pentingnya di lini belakang yakni Hamka Hamzah dan Agil Munawar, karena akumulasi kartu kuning.

Absennya Hamka dan Agil tentunya akam membuat pertahanan Arema FC bisa menimbulkan lubang. Namun, mereka tetap optimis bisa mempermalukan tuan rumah.