In-depth

6 Tim Saling Sikut untuk Lolos ke Babak 8 Besar Liga 2 2019 Wilayah Timur

Kamis, 26 September 2019 16:03 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
6 Tim Saling Sikut untuk Lolos ke Babak 8 Besar Liga 2 Wilayah Timur Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
6 Tim Saling Sikut untuk Lolos ke Babak 8 Besar Liga 2 Wilayah Timur

INDOSPORT.COM - Persik Kediri masih bertengger di puncak klasemen sementara Liga 2 2019 wilayah Timur, tapi masih ada beberapa tim yang punya peluang lolos ke babak 8 besar. Siapa saja?

Hingga saat ini para peserta telah memainkan sebanyak 16 pertandingan, yang artinya hanya menyisakan empat laga sisa untuk memastikan diri lolos ke babak 8 besar dari total 20 laga.

Untuk bisa lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019, setiap tim diharuskan finis di empat besar dari masing-masing wilayah. Oleh karena itu, patut diketahui, tim mana saja yang masih punya peluang lolos.

Menurut pantauan INDOSPORT, ada sebanyak lima tim selain Persik Kediri yang masih punya peluang lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019. Siapa sajakah mereka?

Liga 2 2019 Wilayah Timur

1. Persik Kediri

© Media Officer Persik
Aksi selebrasi pemain Persik Kediri menang atas Persis Solo. Copyright: Media Officer PersikAksi selebrasi pemain Persik Kediri menang atas Persis Solo.

Tim pemuncak klasemen Liga 2 2019 zona Timur saat ini adalah Persik Kediri. Mereka yang paling berpeluang untuk lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019 dengan mengantongi 30 poin saat ini.

Selain memuncaki klasemen, Persik Kediri juga merupakan tim yang cukup sulit takluk di Liga 2 2019 wilayah Timur sejauh ini. Dari 17 laga yang sudah dilakoni, Persik mencatat 8 kemenangan, enam hasil imbang dan tiga kekalahan.

Apalagi melihat tiga laga sisa Persik di Liga 2 wilayah Timur ini. Mereka memainkan laga tandang menghadapi Persatu Tuban pada Senin (30/09/19) besok dan sisanya dua laga kandang, kontra Madura FC dan Sulut United.

Melihat dari tiga laga terakhir mereka, Persik Kediri diyakini aman dan tak tersentuh oleh tim-tim dibawahnya. Minimal tiga poin lagi bisa dikantongi oleh anak-anak asuh Budiardjo Thalib.

2. Mitra Kukar

© Eli Suhaeli/INDOSPORT/mitrakukarfc.official
Profil tim Mitra Kukar Liga 2 2019 Copyright: Eli Suhaeli/INDOSPORT/mitrakukarfc.officialProfil tim Mitra Kukar Liga 2 2019

Tim selanjutnya adalah Mitra Kukar, yang kini masih punya asa untuk kembali promosi ke Liga 1 2020. Ya, mereka merupakan salah satu tim Liga 1 2018 yang terdegradasi ke Liga 2 musim ini.

Kini mereka berada di urutan kedua klasemen sementara dengan mengantongi 26 poin dari 16 pertandingan. Mereka juga telah mencatat 7 kemenangan, 5 kali imbang dan 4 kekalahan.

Mitra Kukar tampil sangat konsisten beberapa pertandingan terakhir Liga 2 wilayah Timur. Dalam 5 laga terakhir, semua berakhir kemenangan kecuali di pertandingan terakhir, saat kalah 2-0 dari Persik Kediri.

Tapi Mitra Kukar tidak bisa bersantai, pasalnya di empat pertandingan sisa Liga 2 musim ini, mereka masih akan menemui lawan yang cukup berat yaitu Martapura FC dan PSBS Biak.

Dari 12 poin yang bisa didapat oleh Mitra Kukar dari 4 laga sisa, mereka setidaknya harus bisa mengantongi 6 poin tambahan agar bisa lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019.

3. PSIM Yogyakarta

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Cristian  Gonzales akan melakukan selebrasi usai selebrasi Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTCristian Gonzales akan melakukan selebrasi usai cetak gol untuk PSIM Yogyakarta.

PSIM Yogyakarta juga punya ambisi untuk bisa lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019 bahkan promosi ke Liga 1 musim depan. Mereka kini berada di zona aman yaitu peringkat ketiga klasemen sementara.

PSIM Yogyakarta mengantongi 24 poin dari 15 pertandingan yang sudah mereka lakoni. Tapi poin yang mereka miliki sama jumlahnya dengan Martapura FC, Persis Solo dan PSBS Biak yang ada di bawahnya.

Dua pekan terakhir tentu harus dimenangkan oleh PSIM agar memastikan langkah mereka ke babak selanjutnya. Pasalnya dua laga terakhir Liga 2 wilayah Timur, mereka harus berhadapan dengan Martapura dan Persis Solo.

Yang artinya saat menghadapi Persewar Waropen dan Sulut United, poin penuh harus bisa mereka dapatkan. Untuk berjaga-jaga hasil yang tak diinginkan saat dua laga terakhir.

4. Martapura FC

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Skuat Martapura FC. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSkuat Martapura FC.

Selanjutnya ada juga Martapura FC yang pernah lolos hingga empat besar di Liga 2 2017 lalu. Mereka kini berpeluang lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019 dari wilayah Timur.

Mereka kini berada di peringkat keempat klasemen sementara Liga 2 2019. Tapi posisinya juga sama seperti PSIM, yang sama-sama mengantongi 24 poin dengan dua tim di bawahnya, Persis Solo dan PSBS Biak.

Dari empat laga terakhir Liga 2 wilayah Timur yang akan dihadapi Martapura juga terbilang sulit. Dia masih harus berhadapan dengan Mitra Kukar, PSIM Yogyakarta dan PSBS Biak, tiga tim yang juga punya peluang untuk ke babak 8 besar.

Tiga dari empat laga yang sangat sulit, tentu Martapura FC akan memaksimalkan pertandingan yang dilakoninya di markas sendiri. Yaitu saat menghadapi PSIM Yogyakarta pada awal Oktober mendatang.

Minimal 5 poin didapat dari empat laga terakhir akan membuat langkah Martapura FC mulus ke babak 8 besar Liga 2 musim ini.

5. Persis Solo

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Laga pertandingan antara Persis Solo versus PSIM Yogyakarta, Jumat (16-08-19). Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTLaga pertandingan antara Persis Solo versus PSIM Yogyakarta, Jumat (16-08-19).

Dua tim terakhir dari wilayah Timur yang masih berpeluang lolos ke babak 8 besar Liga 2 adalah Persis Solo dan PSBS Biak. Mungkin Persis Solo yang punya sejarah kental sepak bola sangat berambisi untuk terus melangkah.

Bagaimana tidak, langkah serius terlihat ketika mereka akan segera dimiliki oleh Erick Thohir. Tentu saja, Persis ingin promosi dan mereka kini berada di peringkat kelima dengan mengantongi 24 poin.

Dari empat pertandingan terakhir yang akan dilakoni Persis di Liga 2 wilayah Timur, mereka hanya sekali memainkan laga kandang.

Menghadapi Sulut United, Persewar Waropen, PSBS Biak dan PSIM Yogyakarta tentu bukan empat tim yang mudah dikalahkan. Mungkin dua laga menghadapi Sulut dan Persewar, harus bisa dimaksimalkan Persis untuk mengambil poin penuh.

Jika dua laga tersebut berhasil mengambil poin penuh, Persis bisa melenggang ke babak 8 besar Liga 2. 

6. PSBS Biak

© liga-indonesia.id
Skuat PSBS Biak Numfor di Liga 2 2019. Copyright: liga-indonesia.idSkuat PSBS Biak Numfor di Liga 2 2019.

Sementara itu, PSBS Biak, juga masih berpeluang karena punya poin yang sama, hanya kalah selisih gol dari tim-tim di atasnya dari peringkat tiga sampai lima.

Tujuh pertandingan terakhir tak terkalahkan di Liga 2, menjadi modal penting PSBS Biak untuk bisa meyakinkan di sisa musim ini. Tapi dari empat tim yang akan dilawan hingga musim berakhir, tiga di antaranya adalah mereka yang berada di atas mereka.

Yaitu Mitra Kukar, Persis Solo dan Martapura FC, bahkan hanya sekali kandang lagi yang mereka mainkan yaitu saat menghadapi Martapura. 

Jika bisa mempertahankan konsistensinya dalam empat pertandingan terakhir musim ini, dan meraup minimal 7 poin lagi, PSBS Biak bisa mengejutkan sepak bola Indonesia.

Itulah tim-tim yang masih harus sikut untuk lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019. Mana yang tim jagoanmu?