Liga Indonesia

Tim-tim yang Berpeluang Lolos ke Babak 8 Besar Liga 2 2019 Wilayah Barat

Kamis, 26 September 2019 11:11 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola kasta kedua Indonesia, Liga 2 2019 tark terasa akan segera menyelesaikan pertandingan babak 23 besar yang terbagi ke dalam dua wilayah yakni Barat dan Timur.

Hingga saat ini para peserta telah memainkan sebanyak 18 pertandingan, yang artinya hanya menyisakan empat laga sisa untuk memastikan diri lolos ke babak 8 besar dari total 22 laga.

Untuk bisa lolos, setiap tim diharuskan finis di empat besar dari masing-masing wilayah. Maka dari itu, beberapa pekan ke depan akan menjadi krusial bagi mereka, untuk mempertahankan posisi karena masih rawan tergeser tim lain.

Lantas, siapa-siapa saja tim yang sejauh ini masih memegang peluang lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019? Berikut INDOSPORT merangkumnya:

Wilayah Barat

1. Sriwjaya FC

Hingga pekan ke-18, Sriwijaya FC masih menjadi tim yang sulit untuk ditaklukan di wilayah barat. Pasalnya, tim berjuluk Laskar Wong Kito itu tampil konsisten dan sulit untuk ditaklukan.

Bagaimana tidak, mereka sejauh ini baru merasakan tiga kali kekalahan dan sudah meraih 11 kemenangan, serta empat hasil imbang.

Alhasil, SFC pun mimpin klasemen wilayah barat dengan mengemas 37 poin. Mereka unggul tiga poin dari Persita Tangeran di posisi kedua, dengan 34 poin. 

Selain itu, pertahanan mereka juga cukup tangguh karena baru kebobolan 11 gol dan menciptakan 10 kali cleansheet. Tak heran, jika Sriwiajay FC mempunyai peluang besar jadi tim pertama yang bisa lolos.

Apalagi mereka juga sangat mungkin mendulang poin di empat laga sisa, dan mempertahankan posisinya. Adapun empat laga sisa Sriwijaya FC adalah melawan Persiraja, PSMS Medan, Blitar United, Aceh Babel United. Minimal sembilan poin bisa mereka kantungi, dari target 12 poin.

2. Persita Tangerang

Selanjutnya adalah Persita Tangerang. Tim beralias Pendekar Cisadane ini sangat mungkin, melanjutkan tradisi lolos ke babak 8 besar seperti pada musim lalu.

Saat ini mereka bertengger di urutan ke-2 dengan koleksi 34 poin. Hal itu juga tidak lepas dari penampilan konsisten mereka. Buktinya, dari 4 laga terakhir Persita hanya menelan satu kekalahan dan meraih 3 kemenangan.

Berbekal dari catatan itu, mereka bisa saja mendulang banyak poin di empat laga sisa melawan Perserang, Cilegon United, Aceh Babel United dan Blitar United. Minimal 8 atau 10 poin bisa mereka bawa pulang.

3. Persiraja Banda Aceh

Lalu ada Persiraja Banda Aceh sebagai tim ketiga yang mempunyai kans untuk lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019. Saat ini, mereka bertengger di peringkat ke-3 dengan koleksi 33 poin.

Meski berada di empat besar, posisi Persiraja sejatinya belumlah aman karena masih menyisakan empat laga lagi, sehingga bisa menimbulkan potensi tersandung.

Persiraja sendiri berharap bisa meraup 12 poin tersisa, tanpa terpeleset. Sayangnyam, itu tidak mudah karena empat laga sisa mereka cukup berat yakni melawan Sriwijaya FC, Aceh Babel United, PSCS Cilacap, dan PSMS Medan.

Ditambah laga performa Persiraja juga kurang memuaskan, karena dari lima pertandingan terakhir mereka hanya meraih dua kemenangan dan merasakan tiga kekalahan dua diantaranya kalah beruntun.

4. Direbut Beberapa Tim

Satu tiket tersisa bisa menjadi perebutan beberapa tim yang masih memiliki peluang lolos, mereka diantaranya adalah PSCS Cilacap di peringatk ke-4, PSMS Medan peringkat ke-5, Perserang peringkat ke-6 hingga Aceh Babel United di peringkat ke-7.

PSCS dan PSMS menjadi dua tim yang mempunyai peluang besar, untuk finis di peringkat ke-4. Keduanya akan bersaing hingga pekan terakhir, dimana menyisakan empat laga lagi. Sejauh ini, keduanya hanya berselisih empat poin. PSCS mengemas 32 poin, dan PSMS mengumpulkan 28 poin.