In-depth

Sisa 4 Laga, Bagaimana Peluang PSMS Medan Lolos ke Babak 8 Besar Liga 2?

Kamis, 26 September 2019 10:32 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSMS Medan. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSMS Medan.

INDOSPORT.COM - Mari menengok hitung-hitungan alias bagaimana peluang PSMS Medan lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019. Mampu lolos atau tidak kira-kira?

PSMS Medan saat ini tengah bertengger di urutan kelima dalam daftar klasemen sementara wilayah barat Liga 2 dengan mengumpulkan 28 poin dari 18 laga.

Total PSMS Medan sukses menang delapan kali, empat kali imbang, dan kalah enam kali. Tak lupa Ayam Kinantan mengemas 20 gol dan kebobolan 19 kali.

PSMS Medan saat ini membuntuti PSCS Cilacap (32 poin), Persiraja Banda Aceh (33 poin), Persita Tangerang (34 poin) dan Sriwijaya FC (37 poin).

Liga 2 saat ini telah mengakhiri pekan ke-18 dan bakal memasuki minggu ke-19. Mengingat Liga 2 wilayah barat memainkan 22 pertandingan dalam semusim.

PSMS Medan sendiri tampaknya masih memiliki peluang untuk bisa lolos ke babak 8 besar Liga 2. Kendati begitu mereka tampaknya memiliki peluang untuk lolos.

Pelatih PSMS Jafri Sastra, saat dihubungi INDOSPORT, mengaku kalau empat laga sisa membuat pihaknya harus berpikir positif untuk meraih hasil yang sesuai harapan.

Sementara itu Ketua Umum SMeCK Hooligan Lawren Simorangkir menuturkan kalau semua belum berakhir dan peluang PSMS lolos masih terbuka lebar.

"Meski ini bakal sulit, tapi kami semua tetap optimis PSMS bisa lolos (babak 8 besar)," ujar Lawren kepada INDOSPORT, Rabu (25/09/19).

Maka dari itu alangkah baiknya melihat bagaimana peluang PSMS Medang mengamankan satu tiket untuk lolos ke babak 8 besar Liga 2.

Peluang Lolos

© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
PSMS Medan saat sedang latihan. Copyright: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORTPSMS Medan saat sedang latihan.

Untuk bisa lolos, tampaknya PSMS Medan mesti bisa sapu bersih empat kemenangan terakhir Liga 2, yakni dua partai kandang dan tandang.

Tiga poin setidaknya bisa diraup anak-anak Jafri Sastra ketika menjamu Babel United di Stadion Teladan pada Jumat (27/09/19) mendatang.

Lalu saat bertandang ke markas Sriwijaya FC, Selasa (01/10/19) nanti, PSMS Medan mesti bisa meraup poin baik itu tiga ataupun satu. Sebab laga ini begitu krusial.

Kemudian tiga poin dirasa bisa untuk didulang PSMS kala bersua ke kandang PSGC Ciamis, Senin (07/09/19) mendatang. Mengingat performa PSGC tak begitu menakutkan.

Terakhir ketika menjamu Persiraja Banda Aceh, Ilham Fathoni dan kolega wajib menang karena bermain di kandang sendiri, yang mana didukung penuh oleh suporter setia mereka.

Total 10 poin harus didulang PSMS yang membuat poin akhir mereka nanti ialah 38. Namun asa PSMS lolos tak lepas dari hasil akhir klub-klub lain.

Pasalnya Sriwijaya FC memiliki dua laga kandang dan tandang. Lalu Persita Tangerang mempunyai tiga partai tandang dan satu kandang.

Sedangkan Persiraja Banda Aceh begitu diuntungkan kala memiliki tiga laga kandang dan satu partai tandang. Sementara PSCS Cilacap juga mempunyai dua laga kandang dan tandang.

Harapan PSMS Medan tampaknya ada di hasil pertandingan Persita dan PSCS Cilacap. Jika keduanya tampil menurun, bisa saja PSMS merangsek ke empat besar.